Jawabanmu

2015-09-04T18:33:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Transportasi Darat

Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki sarana trasportasi darat paling banyak dan paling lengkap di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari pengaruh lokasi dan perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia. Pulau Jawa merupakan wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia. Semakin banyak jumlah penduduk, tentu semakin bervariasi kebutuhan interaksi. Semakin banyak kebutuhan berinteraksi, maka semakin banyak pula sarana dan prasarana yang diperlukan. Lokasi ibu kota negara dan beberapa kota penting lainnya yang berada di pulau ini juga membuat pulau Jawa menjadi yang terdepan dalam transportasi darat. 

Transportasi Air

Pulau-pulau seperti Sumatera dan Kalimantan memiliki banyak sungai dengan lebar dan kedalaman yang cukup untuk dilalui kapal kecil maupun besar. Secara alami transportasi air juga banyak digunakan di kedua wilayah ini.

Transportasi Udara

Sekarang ini, lokasi tidak terlalu berpengaruh dengan keunggulan transportasi udara di daerah tersebut. Selain karena teknologi yang semakin canggih, transportasi udara juga semakin terjangkau. Namun demikian tetap harus diperhatikan bahwa di beberapa daerah dengan bentang alam dan cuaca yang ekstrim, tranportasi udara tidak terlalu dianjurkan (contoh kecelakaan Trigana Air baru-baru ini), namun kadang tetap dilakukan karena hanya itulah satu-satunya cara untuk menjangkau tempat tersebut. Contoh banyak tempat di Papua belum tersentuh oleh transportasi darat. Hal ini merupakan tanggung jawab pemerintah (dan kita bersama) untuk memperbaikinya. 
29 3 29