Jawabanmu

2014-08-25T14:55:40+07:00
Hukum 1 Newton :
Menyatakan bahwa benda yang mengalami resultan gaya bernilai nol akan tetap dian atau bergerak lurus beraturan.
Contoh : saat kamu berada di dalam sebuah mobil yang sedang melaju kencang kemudian tiba-tibadirem juga menunjukkan inersia benda. Badan kamu akan terdorong ke depan karena badan ingin mempertahankan geraknya ke depan.

Hukum 2 Newton :
Menyatakan bahwa semakin kecil massa benda, semakin besar percepatannya.
Contoh : saat kita memindahkan meja yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang sama. Hal ini disebabkan massa meja lebih kecil daripada massa almari dan karena massa berbanding terbalik dengan percepatan benda.

Hukum 3 Newton :
Menyatakan bahwa ketika benda pertama megerjakan gaya ke benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau gaya aksi dan reaksi bekerja pada dua benda yang berbeda.
Contoh : pada peristiwa orang berenang. Gaya aksi dari tangan ke air mengakibatkan gaya reaksi dari air ke tangan dengan gaya yang sama namun arah gaya berlawanan, sehingga orang tersebut akan terdorong ke depan meskipun tangannya mengayuh ke belakang. Karena massa air jauh lebih besar daripada massa orang, maka percepatan yang dialami orang akan jauh lebih besar daripada percepatan yang dialami air. Hal ini mengakibatkan orang tersebut akan melaju ke depan.
1 5 1