Jawabanmu

2014-08-24T21:01:55+07:00
Ayam hitam sayaayam hitamayam sayarumah besar iturumah besar putih iturumah besar di atas puncak gunung itu


Jawaban paling cerdas!
2014-08-24T21:03:29+07:00
Berdasarkan Distribusi
A. Frasa Eksosentris
Tidak memiliki inti (D). Memakai
preposisi: di, ke, dari, pada
Contoh:
– di Hotel Melati
– ke Pasar Ancol
– pada hari libur
B. Frasa Endosentris
Memiliki inti (D)
dibagi menjadi:
i. Frasa koordinatif
Frasa yang terdiri dari unsur-
unsur setara (D-D). Boleh juga jika
ditambahkan kata “dan” dan
“atau”
Contoh:
– teliti cermat
– ganteng rupawan
ii. Frasa Atributif
Terdiri dari unsur-unsur tak
setara (D-M)
Frasa yang atributifnya berupa
keterangan tambahan
Contoh:
– akan minum
– baju kuning
iii. Frasa Aposisi
Atributifnya berupa keterangan
tambahan
Contoh:
Angelina, pacarku yang terakhir,
pergi
Mika, nama adikku, makan ayam
goreng
2. Berdasarkan Kategori
Dengan melihat jenis kata dalam intinya
(D). Terbagi menjadi:
A. Frasa nominal
Contoh:
kantor papa, adik budi
B. Frasa adjektiva
Contoh:
sangat pintar, cantik rupawan
C. Frasa verbal
Contoh:
telah belajar, sudah datang
D. Frasa adverbial
Contoh:
saat ini, minggu lalu
E. Frasa preposisional
Contoh:
ke Surabaya, untuk kamu