Jawabanmu

2014-02-15T11:07:37+07:00
1. Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit adalah kerajaan yang mampu dalam menguasai wilayah-wilayah yang luas di Nusantara di bawah kontrol politik secara longgar dan menempatkan wilayah kekuasaannya itu sebagai kesatuan-kesatuan politik dibawah pengawasan dari kerajaan-kerajaan tersebut. Dengan demikian pengintegrasian antarpulau secara lambat laun mulai terbentuk
1. Pada saat itu Majapahit dan Sriwijaya adalah kerajaan terbesar di Indonesia, mereka menyebarkan produk-produknya atau hasil bumi menuju pulau-pulau terdekat melalui kapal-kapal, kerajaan-kerajaan tersebut juga menerima kapal-kapal asing untuk pertukaran barang, jasa, budaya, ilmu pengetahuan. Sehingga kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menjadi kerajaan yang menjadi pesohor dalam perkembangan kepulauan Indonesia. 

2. Peran laut di Indonesia tentu saja sangat berpengaruh dalam segala hal. 

Bidang ekonomi: Indonesia menjadi tujuan kapal2 untuk singgah. 

Bidang perikanan, wilayah Indonesia yang pada dasarnya negara kepulauan, membuatnya menjadi penghasil ikan yang produktif.

semoga membantu

2014-02-15T11:22:41+07:00
Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit berperan sebagai kerajaan yang memiliki kekuatan integrasi secara politik . Maksudnya adalah kemampuan kerajaan-kerajaan tradsional tersebut  dalam menguasai wilayah –wilayah yang luas di Nusantarasa di bawah kontrol politik secara longgar dan menempatkan wilayah kekuasaannya itu sebagai kesatuan-kesatuan politik di bawa hpengawasan  kerajaan-kerajaan  tersebut.