Jawabanmu

2014-08-24T20:31:35+07:00
Salah satu fungsi membran sel adalah mengatur keluar masuknya molekul - molekul. Untuk dapat menjalankan fungsi itu, maka membran sel harus bersifat semipermeabel. Membran sel bersifat semipermeabel, artinya hanya zat - zat tertentu yang dibutuhkan sel saja yang dapat melalui membran sel ini, sedangkan zat - zat yang berbahaya dan tidak dibutuhkan oleh sel tidak dapat melalui membran sel. Artinya tidak sembarang zat dapat melalui membran sel.

Molekul hidrofobik, seperti hidrokarbon, karbon dioksida dan oksigen dapat larut dalam membran dan melintasinya dengan mudah. molekul sangat kecil yang polar tetapi tidak bermuatan juga dapat melintasi memran dengan sangat cepat, contohnya air dan etanol. Membran sel sangat tidak permeabel terhadap molekul polar tidak bermuatan yang lebih besar, seperti glukosa dan gula lain. Membran sel juga relatif tidak permeabel terhadap semua ion, sekalipun ion kecil, seperti H (positif) dan Na (positif). Protein yang ada di dalam membran memainkan peran yang sangat penting dalam pengaturan transpor.

Hal ini penting untuk mempertahankan zat - zat yang berguna agar tidak keluar sel. Selain itu, sifat semipermeabel ini juga berguna untuk mencegah zat - zat yang tidak berguna dan berbahaya masuk ke dalam sel. Kedua mekanisme ini sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu sel. Dengan adanya sifat semipermeabel ini, maka sel dapat memilih dan menyeleksi zat - zat yang akan masuk maupun keluar, sesuai dengan kebutuhan sel tersebut.
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-24T20:36:23+07:00
Karena salah satu fungsi membran sel adalah mengatur keluar masuknya molekul molekul,oleh karena itu membran sel harus bersifat semifermiabel yang berarti hanya zat zat tertentu yang dibutuhkan sel saja yang dapat melalui membran sel
5 4 5