Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-15T10:20:04+07:00
Definisi Jama’ Muannats Salim adalah: Lafazh yang menunjukkan lebih banyak dari dua, disebabkan oleh penambahan dua huruf Alif dan Ta’ Zaidah di akhirnya. contoh: حَضَرَتِ الْمُتَحَجِّبَاتِ "Para wanita berjilbab telah hadir"
*Maka  lafazh الْمُتَحَجِّبَاتِ pada contoh ini adalah lafadz jamak dengan tambaha alif dan ta’,  Jama’ Mu’annats Salim.
1 5 1
2014-02-15T10:23:12+07:00
 Isim Jamak Muannats Salim

Adalah Isim Jamak yang menunjukkan perempuan. Cara membuatnya dengan menambahkan huruf ا (alif) + ت (ta) pada akhir isim mufrodnya.

Contoh :

مُدَرِّسَةٌ (mudarrisatun) menjadi مَدَرِّسَاتٌ (mudarrisaatun) = guru-guru perempuan 

مُؤْمِنَةٌ (mu'minatun) menjadi مُؤْمِنَاتٌ (mu'minaatun) = perempuan-perempuan mu'min

I'rob Isim Jama' Muannats Salim

- Marfu' (مرفوع) dengan tanda Dhommah, مُؤْْمِنَاتٌ (Mu'minaatun)

- Mansub (منصوب) dengan tanda Kasroh, مُؤْْمِنَاتٍ (mu’minaatin)

- Majrur (مجرور) juga sama dengan tanda Kasroh , مُؤْْمِنَاتٍ (mu’minaatin)