Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-24T16:52:05+07:00
Pasar monopoli.dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa, sehingga pembeli tidak dapat mendapatkan substitusinya. Dalam pasar ini tidak ada pesaing yang dapat masuk. Yang menyebabkannya adalah sumberdaya kunci dikuasai oleh satu perusahaan tunggal, pemerintah memberikan hak eksklusif kepada sebuah perusahaan tunggal untuk memproduksi dan menjual barang tertentu, dan biaya-biaya produksi menjadi lebih efisien jika hanya ada satu produsen tunggal yang membuat produk itu daripada banyak perusahaan. Contohnya PAM DAN PLN.Pasar oligopoli.Adalah pasar yang antara perusahaannya terdapat ketergantungan. Sehingga masing-masing perusahaan tidak dapat mengubah harga seenaknya. Dapat diartikan juga yaitu keadaan dimana pasar hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Contohnya adalah pasar mobil, motor, dan pembuatan pesawat terbang.
1 5 1
2014-08-24T16:55:48+07:00
Pasar monopoli :
tidak ada perusahaan yang dapat membuat subsitusi barang yang sempurna 
pasar oligopoli :
perusahaan yang dapat membuat subsitusi barang yang sempurna 
*setau saya sih begitu