Jawabanmu

2014-08-24T14:31:36+07:00
PENGERTIAN SENSUS
1)Sensus  penduduk  adalah  pencatatan  total  tentang  penduduk yang dilakukan  olah  Badan  Pusat  Statistik  dengan  tujuan  untuk mengetahui jumlah,  komposisi,  dan  karakteristik  penduduk  yang dilaksanakan  setiap sepuluh  tahun  sekali.
2)Sensus  penduduk  adalah  suatu  metode  menjaring  data  penduduk dengan  cara mengadakan penghitungan langsung ke lapangan. Dengan cara ini, banyak data lain yang bisa didapat selain jumlah penduduk, seperti tingkat kemakmuran dan kesehatan. Kedua hal tersebut dapat dilihat dengan kasat mata walaupun tanpa menanyakan secara langsung.
3)Sensus  penduduk  adalah  keseluruhan  proses  pengumpulan, penyusunan,  pengolahan,  dan  penerbitan  data  yang  bersifat demografis, ekonomis,  dan  sosial  dari  suatu  wilayah  atau  negara tertentu dan dalam waktu tertentu.

PENGERTIAN REGISTRASI PENDUDUK
1)Registrasi penduduk merupakan pencatatan yang terus menerus mengenai kejadian  vital  yang  dialami  penduduk  berupa  kelahiran, kematian,  dan perpindahan.
2)Registrasi penduduk merupakan kumpulan berbagai keterangan dari kejadian penting yang dialami oleh manusia, seperti data perkawinan, perceraian, perpindahan penduduk, dan kejadian-kejadian penting lainnya yang tertulis.
3)Registrasi penduduk ialah pencatatan tentang identitas atau ciri-ciri, status,  dan  kondisi  penduduk  yang  dilaksanakan  secara  terus-menerus oleh  pemerintah  mulai  tingkat  terendah  yaitu  desa  atau kelurahan. Dari data hasil registrasi akan didapat laporan monografi desa tentang kependudukan secara kontinu yang berisi data tentang kelahiran  penduduk, kematian,  perkawinan,  perceraian,  dan perpindahan  penduduk.

SURVEI
Survei adalah salah satu metode menjaring data penduduk dalam beberapa peristiwa demografi atau ekonomi dengan tidak menghitung seluruh responden yang ada di suatu negara, melainkan dengan cara penarikan sampel (contoh daerah) sebagai kawasan yang bisa  mewakili  karakteristik  negara  tersebut.  Sudah  barang tentu  sebelum  menetapkan kawasan sampel itu, ditentukan dulu kriteria apa saja yang bisa dijadikan syarat suatu wilayah  bisa ditetapkan  sebagai  kawasan  sampel  survei.
2 4 2
2014-08-24T14:32:47+07:00
Sensus penduduk: perhitungan penduduk suatu negara dengan cara mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data penduduk pada waktu dan tempat tertentu.

Registrasi penduduk: proses pengumpulan keterangan yg berhubungan dgn peristiwa-peristiwa kependudukan harian dan kejadian-kejadian yg mengubah status seseorang,

Survey penduduk: survey hampir sama kayak sensus, tapi perbedaannya di waktu pelaksanaan, wilayah, dan jumlah penduduk yang di data. pelaksanaannya dapat dilakukan kapanpun.
2 4 2