Ringkas pernyataan berikut dengan bahasa yang baik dan indah! berikut
Fabel termasuk jenis dongeng, yaitu cerita yang tidak benar" terjadi. Biasanya dongeng bercerita tentang petualangan yg penuh imajinasi dan tidak masuk aakal. Demikian juga halnya dengan fabel. Fabel termasuk jenis dongeng yg menggunakan hewan sebagai tokoh cerita untuk menggambarkan watak dan perilaku manusia. Dalam fabel, tokoh hewan dapat bercapak cakap dan bertingkah laku seprti manusia. Isi cerita fabel biasanya meengandung pendidikan moral dan budi pekerti.
Dahulu, ketika belum ada tradisi menulis, fabel dituturkan sebagai tradisi lisan secara turun temurun. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan pesan pesan moral kepada anak cucu. Tradisi lisan ini disebut mendongeng. Dahulu, mendongeng sangat effektif untuk menanamkan nillai nilai moral dan keluhuran budi kepada anak-anak. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, fabel tidak lagi dituturkan secara lisan. Akan tetapi, cerita jenis ni sudah banyak dialiihkan ke dalam bentuk tulisan

1

Jawabanmu

2014-08-24T13:34:59+07:00
Fabel adalah jenis cerita dongeng yang menggunakan hewan anthropomorphic (mempunyai karateristik manusia). Fabel mengandung sebuah pesan moral yang explicit, terkadang ditambahkan sebagai koda pada bagian akhir cerita atau langsung didapatkan dari cerita itu sendiri.
Seperti cerita dongeng pada umumnya, fabel dituturkan untuk memberi pesan kepada anak cucu turun-temurun, ketika belum ada tradisi menulis. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, mendongeng beralih ke dalam bentuk tulisan. 

(ini cukup?)