Jawabanmu

2014-08-23T20:43:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ideologi komunis saat ini masih bisa tetap hidup. Sebagai sebuah kajian ilmu pengetahuan, tentu saja ideologi dan perkembangannya tetap menarik disimak. Boleh jadi ideologi tersebut menular dan bisa saja berakar menjadi sebuah tujuan politik. Lembaga keagamaan, organisasi pelajar mahasiswa, pemuda, tani, buruh , pemerintah, militer dapat saja dirasukinya. Tentu saja bentuknya tidak serta merta seperti sebuah partai formal tetapi berupa gerakan-gerakan yang mengusung isue-isue sensitif seperti lingkungan, tenaga kerja, HAM, kesetaraan gender dll. 
Ideologi komunis muncul sebagai lawan dari ideologi kapitalisme. Kapitalisme merupakan teori system ekonomi perdagangan bebas atau bisa dikatakan bahwa ideologi kapitalis ini selalu menekankan kepada kepemilikan modal, yang artinya hanya orang-orang yang memiliki modal yang besar yang menguasai factor-faktor produksi dan hal ini bersifat individual. Hal inilah yang merangsang lahirnya komunisme. Komunisme merupakan ideologi yang menghendaki penghapusan pranata kaum kapitalis serta berkeinginan membentuk masryarakat kolektif agar tanah dan modal (faktor produksi) dimiliki secara sosial dan pertentangan kelas serta sifat kekuatan menindas dari negara tidak berlangsung lagi. Dalam setiap upaya-upaya untuk menanamkan ideologinya itu, Paham komunis berusaha mengambil jalan pintas yakni dengan jalan revolusi dengan metode kekerasan. Hal inilah yang menyebabkan antipati masyarakat dunia terhadap paham ini. Kalau kita membuka lembaran sejarah berikutnya, Afganistan yang pernah berada di bawah jajahan Unisoviet mengalami tragedi kemanusiaan yang panjang akibat cara-cara kekerasan yang dilakukan Penganut paham komunis tersebut. 
Ditengah kesulitan ekonomi seperti di Indonesia sekarang, ideologi komunis seperti mendapat angin segar. Jumlah penduduk miskin bertambah sehingga memudahkan untuk dijadikan korban iming-iming. Kewaspadaan jugalah yang harus dijaga segenap masyarakat Indonesia untuk mengatisipasi tumbuh kembangnya paham-paham anti Pancasila. Sehingga kejadian seperti 40 tahun yang lalu dengan prolog antri BBM, meroketnya harga sembako sehingga berbuntut TRITURA (Tiga Tutuntan Rakyat ? Bubarkan PKI ? Bubarkan Kabinet Dwikora ? Turunkan Harga) ? tidak terulang kembali. Peristiwa G30S/PKI tetaplah sebuah kejadian nyata, bukan dogeng / legenda, sehingga sangat layak untuk tetap dimasukan pada pelajaran sejarah kurikulum 2004, bukan malah dihilangkan.