Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-23T19:19:15+07:00
Karena belahan bumi bagian selatan sedang mengalami musim dingin, sedangkan belahan bumi bagian utara mengalami musim panas. Karena angin bergerak dari suhu rendah / tekanan rendah menuju suhu tinggi / tekanan tinggi, maka angin akan bergerak menuju belahan bumi bagian utara dan melewati samudera hindia yg tidak seberapa luas. Oleh karena itu angin hanya membawa sedikit uap air saat melewati Indonesia, terjadilah musim kemarau
1 5 1
2014-08-23T19:20:43+07:00
Karna pada bulan tersebut  pergeseran tengah tahunan matahari berada di sebelah di utara khatulistiwa ( nol derajat – 23 ½ derajat LU – nol derajat ), sehingga suhu udara di utara khatulistiwa tinggi dan tekanan udaranya minimum ( - ). Sementara di selatan khatulistiwa, suhu udara rendah dan tekanan udaranya maksimum ( + ). Akibatnya, bertiup angin musim tenggara yang kemudian berubah menjadi angin barat daya setelah menyeberang khatulistiwa
2 2 2