Jawabanmu

2014-08-23T20:40:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.


apa maksud atau arti dari syair berikut?Perteguh jua alat perahumu, muaranya sempit tempatmu…tampikan lainnya

4 Jawaban  •  Lain-lain - Ilmu Sosial

Jawaban Terbaik (Dipilih oleh Suara Terbanyak)

Maaf jika ini salah persepsi. Perahu atau biduk dalam puisi sering sebagai perumpamaan sebuah keluarga. Tapi bisa jadi adalah diri kita sendiri dalam menempuh hidup. Itu bisa dibedakan dalam isi syairnya. Dari ending cerita aku menebak bahwa oleh penyair ini adalah perahu sebagai perumpamaan diri sendiri dalam menuju sebuah impian (pulaunya jauh tempat berlabuh). Dan bisa jadi tujuan tsb adalah kematian. Secara ringkas aku gambarkan spt ini. Kita harus mempunyai bekal ilmu yang cukup karena jalan hidup yang susah (sempit). Banyak rejeki dan derita dalam melalui kehidupan ini. Ketika berada di waktu dan tempat penuh dengan rejeki/kebahagiaan kita akan rusak karena situsi tsb. - Ketahui olehmu hai anak dagang . Maksudnya itu sebuah peringatan karena kita hidup mendewakan uang. Dengan persaingan yang terjadi dalam sebuah sistem pasar maka semakin runcing pertikaian maka semakin besar peluang mendapat keuntungan. - Muaranya itu terlalu sempit. Pernyataan ini diulang sebagai peringatan kalu jalan hidup kita sangat susah. Jika kita mempunyai pedoman hidup yang selalu kita pakai (dikapit) maka kita akan selamat sampai tujuan akhir (ba'id). Sebaiknya kita memperteguh keimanan agar kita tidak terhempas goda duniawi agar kita selamat sampai tujuan akhir kita.

itu makna secara keseluruhan.tinggal di poilih mana makna yang dibutuhkan
21 4 21