Jawabanmu

2014-08-23T16:01:26+07:00
Mksdnya paragaraf apa faragraf?
2014-08-23T17:11:42+07:00
INDERA PENDENGARAN

      Setiap manusia diberi lima buah indera (panca indera) oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Kelima indera tersebut ialah mata (indera penglihatan), hidung (indera penciuman), lidah (indera perasa), kulit (indera peraba), dan telinga (indera pendengaran). Panca indera inilah yang membuat kehidupan manusia mudah. Salah satu dari panca indera tersebut adalah indera pendengaran.

       Telinga adalah indera pendengaran atau indera untuk mendengar. Suara burung berkicau, mobil berlalu lalang, penjelasan guru, teriakan ibu kita, bahkan suara batu yang jatuh ke air dapat kita ketahui karena telinga ini. Telinga sangat berfungsi bagi manusia.

Penjelasan:

       Telinga terdiri dari 3 bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Melalui 3 bagian tersebut, bunyi dapat masuk ke otak. Di setiap bagian telinga, terdapat beberapa alat bantu. Pada telinga luar, terdapat daun, lubang telinga dan saluran telinga. Di bagian luar ini bunyi ditangkap lalu diteruskan ke telinga bagian tengah. Pada telinga tengah, terdapat 3 tulang pendengaran (tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi), saluran Eustachius, dan gendang telinga. Di bagian tengah ini bunyi disalurkan lalu lewat gendang telinga bunyi diteruskan ke telinga bagian dalam. Pada telinga dalam, terdapat rumah siput (koklea), alat keseimbangan, saluran setengah lingkaran, rumah siput, dan saraf pendengaran. Di bagian dalam ini bunyi disalurkan dari bagian tengah lalu diteruskan ke otak melalui saraf pendengaran.

       Cara kerja telinga adalah sebagai berikut: 
Bunyi merambat melalui udara ke lubang telinga menggetarkan gendang telinga menggetarkan tulang pendengaran dan saluran setengah lingkaran getaran bunyi ke rumah siput melalui saraf pendengaran menuju otak lalu terdengar bunyi di telinga kita.