1. Berikut ini adalah contoh peristiwa kimia, kecuali..
A. Pembentukan gula kapur
B. Pembentukan staklatit dan staklamit gula kapur
C. Perkaratan pada logam
D. Pelarutan gula dalam air
E. Terjadinya hujan asam

2. Cara pemisahan yang sering dilakukan untuk memisahkan larutan dan endapan adalah...
A. Kristalisasi
B. Penyaringan
C. Sublimasi
D. Sentrifugasi
E. Distilasi

3. Suatu cara pemisahan yang penggunakan prinsip perbedaan kelarutan adalah..
A. Sentrifugasi
B. Sublimasi
C. Ekstraksi
D. Kromatografi kertas
E. Distilasi

4. Yang bukan termasuk sifat fisika dibawah ini adalah...
A. Kekerasan
B. Kerapatan
C. Daya hantar listrik
D. Kereaktifan
E. Mudahnya menguap

5. Faktor utama yang menyebabkan larangan merokok sewaktu mobil mengisi bensin adalah...
A. Bensin mudah menguap
B. Uap bensin mudah terbakar
C. Kadar uap bensin yang tinggi
D. Api rokok yang pijar
E. Udara yang kering

6. Gas CO2 berguna untuk memadamkan kebakaran, sebab gas tersebut..
A. Lebih ringan dari udara
B. Menurunkan suhu udara
C. Mengurangi kadar oksigen di sekitar api
D. Mengikat oksigen di sekitar api
E. Tidak dapat terbakar

Mohon penjelasannya juga.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-23T12:44:14+07:00
1. D. Krena hanya bentuk fisik saja yang berubah sedangkan sifat-sifatnya tidak berubah..
2. B. karena memisahkan antara padatan dan cairan saja,
3.A. menggunakan sifat alami endapan yaitu terlempar keluar saat deberikan gaya sentrifugal.
4.D. karena rekatif tidaknya zat berkaitan dengan sifat kimiawi.
5.B karena bensin merupakan zat yang mudah terbakar terlebih lagi dalam bentuk uap
6. karena pembakaran membutuhkan O2, sehingga menyemprotkan CO2 mengurangi O2 disekitar api
Untuk pertanyaan no.6, bukankah CO2 juga menurunkan suhu udara? Terimakasih sebelumnya.
benar, tapi kalo berkaitan dengan pembakaran lebih tepat yang mengurangi O2
Terimakasih (:
2014-08-23T13:38:13+07:00
sama aja dech
1. D. Krena hanya bentuk fisik saja yang berubah sedangkan sifat-sifatnya tidak berubah..
2. B. karena memisahkan antara padatan dan cairan saja,
3.A. menggunakan sifat alami endapan yaitu terlempar keluar saat deberikan gaya sentrifugal.
4.D. karena rekatif tidaknya zat berkaitan dengan sifat kimiawi.
5.B karena bensin merupakan zat yang mudah terbakar terlebih lagi dalam bentuk uap
6. karena pembakaran membutuhkan O2, sehingga menyemprotkan CO2 mengurangi O2 disekitar api