Jawabanmu

2014-08-23T12:12:27+07:00
Lignin adalah zat kayu yang termasuk salah satu zat penyusun tumbuhan. :)
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-23T12:12:49+07:00
Lignin atau lignen adalah kompleks senyawa kimia yang paling sering berasal dari kayu, dan merupakan bagian integral dari sekunder dinding sel dari tanaman dan beberapa alga. Istilah ini diperkenalkan pada tahun 1819 oleh de Candolle dan berasal dari bahasa Latin kata Lignum, makna kayu. Ini adalah salah satu polimer organik yang paling banyak di Bumi, hanya dilampaui oleh selulosa, menggunakan 30% dari non-fosil karbon organik dan merupakan dari seperempat hingga sepertiga dari massa kayu kering. Sebagai biopolymer, lignin tidak biasa karena heterogenitas dan kurangnya struktur primer yang ditetapkan. Yang paling sering dicatat fungsi adalah dukungan melalui penguatan dari kayu (xilem sel) di pohon
2 5 2