Jawabanmu

2014-08-23T11:14:51+07:00
Burung memang menggunakan sepasanga sayapnya untuk terbang di udara. Namun ada faktor yang sangat penting yang membuat burung bisa terbang :

A. Dilihat dari sudut pandang biologi 1. Burung memiliki susunan tulang rangka yang ringan, bahkan ada burung yang berat tulangnya lebih ringan dari berat seluruh bulu ditubuhnya. Walaupun tulang rangka burung sangat ringan, tapi rangka tulang ini kuat. Inilah salah satu alasan kenapa burung memiliki kemampuan untuk terbang di udara. Tulang paling besar dan paling berat pada burung adalah pada bagian dada dan bahunya, ini untuk menambah kekuatan sayap. 2. Burung memiliki susunan otot yang kuat. Tulang yang kuat tidak ada artinya jika tidak didukung oleh susunan otot yang kuat juga. Otot-otot ini mampu mengontrol sayapnya dengan baik.

B. Dilihat dari sudut pandang fisika 1. Agar sebuah benda dapat melayang di udara, tekanan udara yang berada di atas permukaan benda tersebut harus lebih kecil dari pada bagian bawah. Nah, kalau kita perhatikan airfoil yang dimiliki oleh burung, kita bisa melihat bahwa tekanan di bagian atasnya lebih kecil dibanding di bawahnya. Inilah alasan kenapa burung bisa terbang. 2. Faktor lain yang menjelaskan kenapa burung bisa terbang adalah kecepatan burung itu sendiri. Semakin cepat gerakan si burung maka akan semakin tinggi terbangnya. Dan cara untuk mempercepat gerakannya tentu saja dengan mengepakkan sayapnya lebih cepat.

6 4 6
2014-08-23T11:17:18+07:00
Paru-paru burung memiliki Pundi-pundi udara sehingga membantu burung untuk terbang dan bertahan lama di udara. 
Selain itu,Burung juga memiliki Ekor yg bagus dan cocok dijadikan sebagai kemudi saat terbang. faktor lainnya adalah:
1. burung punya tulang 
dan susunan kerangka 
yang ringan 
2. burung punya otot 
yang kuat buat ngontrol 
sayapnya.
3. burung punya tulang 
yang jauh lebih 
ringan dari kebanyakan 
makhluk yang ada

5 4 5