Jawabanmu

2014-08-22T22:54:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ilmu Penunjang Geografi Gemorfologi : ilmu yang mempelajari bentuk –bentuk permukan bumi dan penafsirannya tentang proses terbentukknya.Meteorology: ilmu yang mempelajari  tentang cuaca yang meliputi ciri-ciri fisik dan kimianya, tekanan , suhu udara, angin, dan per-awanan.Klimatologi : ilmu yang mempelajari tentang iklim, yang meliputi sebab terjadinya, pengaruhnya terhadap benuk fisik dan kehidupan disuatu wilayah.Biogeografi : ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan dipermukaan bumi serta factor-faktor yang mempengaruhi, membatasi dan menentukan pola persebarannya.Antropogeografi : ilmu yang Mempelajari persebaran manusia dipermukaan bumi dalam hubungannya dengan lingkungan geografi.Hidrologi : ilmu yang mempelajari tentang fenomena air dibumi yang meliputi sirkulasi, distribusi, bentuk, serta sifat fisik dan kimianya.Oseanografi : ilmu yang mempelajari fenomena lautan yang meliputi sifat air laut, gerakan air laut dan pasang surut air laut.Kartografi : ilmu yang mempelejari tentang peta meliputi tentang pembuatan jenis dan pemanfaatannya,Demografi : ilmu yang mempelajari tentang kependudukan meliputi jumlah pertumbuhan, komposisi dan migrasi penduduk.Pedologi: ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi proses pembentukan jenis-jenis dan persebarannya.
5 4 5
2014-08-22T23:44:18+07:00
Macam ilmu penunjang Geografi: 1. Geologi: ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan (kejadian, struktur, komposisi, sejarah dan proses perkembangannya).  2. Geofisika: ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi bagian dalam dengan metode teknik fisika, seperi mengukur gempa bumi, gravitasi, medan magnet, dll.   3. Meteorologi: ilmu yang mempelajari atmosfer, misalnya udara, cuaca, suhu, angina.  4. Astronomi: ilmu yang mempelajari benda-benda langit diluar atmosfer bumi, seperti matahari, bulan, binang dan ruang angkasa.  5. Biogeografi: Studi tentang penyebaran makhluk hidup secara geografis dimuka bumi ini.  6. Geomorfologi: studi tentang bentuk-bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.  7. Hidrografi: ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survey sera pemetaan laut, danau, sungai, dll.  8. Oseanografi: ilmu yang mempelajari lautan, misalnya: sifat air laut, pasang surut, arus, kedalaman, dll.  9. Paleontologi: ilmu tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan dimasa purba (prasejarah) yang terdapat dibawah lapisan-lapisan bumi.  10. Anropogeografi: cabang geografi yang mempelajari penyebaran bangsa-bangsa dimuka bumi dilihat dari sudut geografis.  11. Geografi Matematik: ilmu geografi yang berkenaan dengan perkiraan bentuk, ukuran, serta gerakan bumi (lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, luas permukaan bumi, dll.  12. Geografi Historik: cabang geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.  13. Geografi Regional: cabang geografi mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi Asia Tenggara, dll.  14. Geografi politik: cabang geografi yang khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut politik atau kepentingan Negara.  15. Geografi fisik: cabang geografi yang mengkaji tentang bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi.
2 5 2