Jawabanmu

2014-08-22T20:20:35+07:00
Kapan  : 3 – 9 Mei 1993  Dimana sekitar Desa Wilangan Nganjuk
Siapa  
:*Korban – seorang buruh PT. CPS  (Marsinah)
          
   *Pelaku – 9 orang dari susunan kepemimpinan + 1       orang pemilik PT CPS
Jenis
Pelanggaran :
   Kasus Kejahatan HAM Berat (Kejahatan Kemanusiaan)
Latar Belakang:
             A
kibat PT CPS yang selalu berkilah dan tidak mau menaikan gaji sesuai UMR,sehingga para buruh ber-demo, dan pada saat telah diadakan perjanjian terdapat 13 orang yang di PHK,dan itu membuat Marsinah menjadi geram dan mencoba memberontak untuk mengakkan keadilan bagi teman seperjuangan-nya,namun pemberontakan Marsinah malah membuat dia dalam bencana, karna dia dianiaya oleh 9 orang dari susunan kepemimpinan dan 1 orang kepala PT CPS, dan pada tanggal 9 Mei 1993 jasad nya telah di temukan di sekitar tempatnya tinggal nya di Desa Wilangan, Nganjuk, dengan banyak luka di sekujur tubuh nya dan tulang pinggul yang patah. Jadi dapat di simpulkan kejadian ini di akibatkan perselisihan antara perusahaan dan karyawannya dan jatuhlah korban yaitu Marsilah sebagai salah satu buruh yang berani protes dan mengemukakan pendapatnya malah dianiyaya bahkan dibunuh oleh pihak perusahan.
Akibat atau Hasil dari Kasus Marsinah mulai dari pemberontakannya - meninggalnya: •Kenaikan gaji sesuai UMR  yang di tetapkan pemerintah terlaksana. •13 orang kariyawan di PHK •Hak marsinah untuk hidup hilang •Marsinah dijadikan nama sebuah jalan di nganjuk untuk mengenang perjuangannya menuntut haknya dan teman-temannya yang lain  sebagai buruh pabrik untuk medapatkan gaji sesuai ketentuan UMR Pemerintah. •Marsinah meraih penghargaan sebagai HAM Yap Thiam Hien 1993.  •Penyelesain : Penyelesaian kasus ini  awalnya kasus pelanggaran HAM yang di alami marsinah, sempat masuk dalam meja persidangan dan disini pelaku kasus yang merenggut nyawa Marsinah ini dijatuhi hukuman, namun ketika kasus ini naik di meja mahkamah agung semua tersangka dinyatakan bebas dengan alasan kesalahan prosedur dalam kasus ini. Semenjak itu kasus ini berhenti di usut namun pada masa pemerintahan abdurrahman wahid kasus ini di bicarakan lagi keinginan ini senada dengan keingginan komnas HAM saat bertemu megawati sukarnoputri dan megawati pun setuju namun hingga kini entah bagaimana kelanjutan kasus itu belum menemui titik terang.   Menurut kami seharusnya kasus itu diusut tuntas tidak pandang bulu siapa pelakunya agar tidak terulang kejadian pelanggaran HAM yang sama seperti Marsinah



1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-22T20:23:12+07:00
Marsinah adalah seorang buruh pabrik yang diculik kemudian ditemukan terbunuh setelah menghilang selama tiga hari. mayatnya ditemukan dihutan dengan tanda2 penyiksaan berat. kasus ini menjadi catatan organisasi buruh internasional.
1 5 1