Jawabanmu

2014-08-22T18:56:56+07:00
 Ilmu ekonomi lahir di Yunani, tepatnya di daerah GREEK. Ekonomi berasal dari kata bahasa Yunani = “ OIKOS NOMOS “ ( oikos = rumah tangga dan nomos = mengatur ) yang berarti tata laksana rumah tangga atau permilikan. Jadi pada dasarnya ilmu ekonomi merupakan tentang prinsip-prinsip di dalam menggunakan pendapatan rumah tangga yang bersangkutan.
     Para ahli ekonomi biasanya mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai berikut “ ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku  manusia secara individu atau secara bersama-sama dalam menggunakan factor-faktor produksi yang terbatas jumlahnya untuk menghasilkan barang dan jasa-jasa yang mereka perlukan.
     Definisi lain tentang ilmu ekonomi yang lebih luas dan lengkap dipergunakan oleh Profesor PUL Anthony Samuelson seorang ahli ekonomi dari Massachusetts Institute of Technologi , sebagai berikut :“ ilmu ekonomi adalah studi tentang cara-cara manusia dan masyarakat menentukan pilihannya dengan atau menggunakanuang untuk sumber-sumber produktif yang langka dapat mempunyai penggunaan-penggunaan alternatip untuk memproduksi berbagai barang serta pembagiannya untuk dikonsumsi baik untuk waktu sekarang maupun yang akan dating kepada berbagai golongan dan kelompok di dalam masyarakat.”
1 5 1