Jawabanmu

2014-08-22T18:43:32+07:00
a.Kegiatan Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjembatani antara 2 kegiatan, yaitu  produksi dan kegiatan konsumsi. Dalam kenyataan sehari-hari, penyaluran barang dari produsen kepada konsumen memang tidak selalu harus melalui distributor.

Barang yang dihasilkan oleh produsen, akan bermanfaat dan dapat dikonsumsi oleh seorang konsumen, jika barang tersebut dapat disalurkan. Semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang dan jasa dari produsen ke konsumen, disebut: Distribusi, atau Saluran Distribusi, kadang-kadang disebut juga dengan Saluran Perdagangan.

Saluran distribusi merupakan lembaga atau individu yang menjalankan kegiatan khusus di bidang distribusi. Pelaku distribusi yang disebutkan di atas, adalah agen, pedagang besar, pengecer dan distributor industri apabila pasarnya industri. Secara umum distributor memegang peranan penting dalam hubungannya dengan stabilisasi harga. Kelancaran barang sampai pada pasar atau konsumen diharapkan dapat dilakukan oleh para distributor. Jika suatu ketika barang yang didistribusikan mengalami hambatan, baik disengaja atau tidak oleh distributor, maka dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya kelangkaan atau tidak tersedianya barang di pasar dan mengakibatkan naiknya harga barang.

b. Kegiatan Konsumsi
Dalam uraian materi sebelumnya, dipaparkan bahwa produksi dan distribusi, tidak bisa berjalan kalau tidak ada konsumen yang mengonsumsi barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen. Oleh karena itu, kita perlu memahami juga tentang pengertian konsumsi. Untuk dapat memahami pengertian konsumsi dengan jelas, baca uraian materi berikut.

Kebutuhan hidup seseorang, tidak selalu sama dengan kebutuhan hidup orang yang lain. Kebutuhan seorang pelajar, akan berbeda dengan kebutuhan seorang ibu rumah tangga.

Kedua kegiatan konsumsi di atas, merupakan contoh kegiatan mengonsumsi barang. Selain mengonsumsi barang, manusia juga mengonsumsi jasa. Contoh kegiatan mengonsumsi jasa, antara lain: Refi pergi ke dokter, Yoga memotong rambut ke salon, Heny menjahitkan baju ke penjahit.

Pihak yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Konsumen tidak harus selalu manusia yang bertindak sebagai makhluk individu. Organisasi perusahaan dan pemerintah juga melakukan konsumsi, sehingga keduanya juga disebut konsumen. Konsumen harus mengeluarkan sejumlah pengorbanan tertentu untuk melakukan kegiatan konsumsi. Pengorbanan tersebut lebih dikenal dengan istilah pengeluaran konsumsi. Ada beberapa faktor yang menentukan besar kecilnya pengeluaran konsumsi yang dilakukan konsumen.

4 4 4