Suatu larutan manitol yang mengandung 18,04 gram manitol dalam 100gram air pada 20derajatC mempunyai tekanan uap 17,23 mmHg. jika tekanan uap jenuh air pada suhu tersebut adalah 17,54 mmHg, hitunglah massa molekul relatif manitol tersebut..

2

Jawabanmu

2014-08-22T16:24:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
M manitol = 18,04 gr
m air= 100gr
P = 17,23 mmHg
P°=17,54 mmHg
dit: mr manitol
delta P = P°-P = 17,54-17,23= 0,313
delta P = P° . n terlarut / n pelatur
0,313= 17,54 . m/ mr / m / mr
0,313 / 17,54 = 18,04/mr/ 100/18
mr= 18,04 .18 .17,54/ 100 . 0,313
= 181,96
mr manitol sesungguhnya 182 gr/ mol
8 3 8
Jawaban paling cerdas!
2014-08-22T17:31:40+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
P=tekanan ~uap~larutan \\ P^\circ= tekanan ~uap~pelarut \\ X_t=fraksi~mol~zat~terlarut \\mol~pelarut(air)= \frac{massa}{Mr}= \frac{100}{18}=5,56 \\ \\ mol~terlarut(manitol)=\frac{massa}{Mr}= \frac{18,04}{Mr} \\ \\ Xt =\frac{mol~pelarut}{mol~pelarut+mol~terlarut} \\ \\ Xt =\frac{5,56}{5,56+\frac{18,04}{Mr}} = \frac{5,56}{ \frac{5,56Mr+18,04}{Mr} }=\frac{5,56Mr}{5,56Mr+18,04} P=P^\circ\times X_{pelarut} \\ 17,23=17,54\times \frac{5,56Mr}{5,56Mr+18,04} \\ \\ 17,23= \frac{97,5224Mr}{5,56Mr+18,04} \\ \\ 17,23(5,56Mr+18,04)=97,5Mr \\ \\ 95,7988Mr+310,8=97,5224Mr \\ \\ 310,8=97,5224Mr-95,7988Mr \\ \\ 310,8=1,7236~Mr \\ \\ Mr= \frac{310,8}{1,7236}=180
8 4 8