Jawabanmu

2014-08-22T14:45:49+07:00
1.    Kalimat Aktif Transitif
Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang memiliki atau menghadirkan fungsi objek (O). Kalimat aktif transitif biasanya berawalan me- atau meN-. Kalimat ini berupa kalimat aktif yang dapat diubah ke dalam kalimat pasif.
Contoh:
•    Setiap siswa harus memiliki sifat terpuji.  kalimat aktif
•    Sifat terpuji harus dimiliki oleh setiap siswa.  kalimat pasif
Kalimat pertama merupakan kalimat aktif transitif.
S = setiap siswa; P = harus memiliki; O = sifat terpuji
Kalimat kedua merupakan bentuk pasifnya.
S = sifat terpuji; P = harus dimiliki; O = setiap siswa

2.    Kalimat Aktif Intransitif
Berbeda dengan kalimat aktif transitif, kalimat aktif intransitif tidak memiliki atau tidak menghadirkan objek (O). Jika predikatnya berawalan me- atau meN-, kalimat tersebut tidak dapat diubah ke dalam bentuk pasif. 
Contoh:
Adik menangis.Pesawat itu mengudara dengan sempurna.Kalimat pertama:
S = adik; P = menangis
Kalimat kedua:
S = pesawat itu; P = mengudara; K = dengan sempurna

Predikat kalimat aktif intransitif dapat juga berimbuhan ber- dan ter-. Perhatikanlah contoh kalimat berikut ini.
Taufik bertanya tentang PR Bahasa Inggris.Luqman tertawa mendengar lelucon itu.Kalimat pertama:
S = Taufik; P = bertanya; Pelengkap = PR Bahasa Inggris
Kalimat kedua:
S = Luqman; P = tertawa; Pelengkap = lelucon itu
Jawaban paling cerdas!
2014-08-22T14:49:53+07:00
Kalimat Aktif Transitif adalah kalimat yang memiliki atau menghadirkan fungsi objek. Kalimat ini biasanya berawalan me-

Kalimat aktif Intransitif adalah kalimat yang tidak menghadirkan fungsi objek
oke makasih
maaf kan saya baru mulai bikin brainly.co.id tapi sya tidak bsa mau menjawab pertanyaan cara'a gmna ya ?
please bales
maaf baru bls, tapi skrg sdh bisa kan ?