Jawabanmu

2014-08-22T13:25:23+07:00
Dengan adanya peraturan 2 tentang ham
3 4 3
Jawaban paling cerdas!
2014-08-22T13:26:34+07:00
UPAYA PENEGAKAN HAM di INDONESIA
Oleh: Hanifah Trya
Setiap orang bertanggung jawab untuk terlibat dalam penegakan HAM. Walaupun secara formaltanggung jawab negara lebih besar, tetapi peran masyarakat luas sebenarnya dampak yangsangat besar bagi terbangunnya kesadarang untuk menghormati HAM. Tentu saja tanggung jawab itu harus di awali dengan pemahaman akan pentingnya hak asasi manusia. Tetapi orangharus memahami bahwa HAM seorang perlu mendapat perlindungan demi martabatnyasebagai manusia. Jika seorang memahami konsep sedasar ini , maka akan semakin mudahmenyebarluaskan tanggungjawab masing-masingindividu untuk turut aktif dalam penegakanupaya HAM. sikap positif dalam penegakan HAM dapat di mulaikan dari lingkungan keluarga, warga sekitar tempat tinggal, sekolah dan masyarakat luas. Di lingkungan masyarakat luas,sikap positip terhadap penegakan HAM dapat di lakukan antara ain sebagai berikut:1.Tidak mengganggu ketertiban umum2.Saling menjaga dan melingungi harkat dan mertabat manusia3.menghormati keberadaan sendiri4.Berkomunikas dengan baik dan sopan5.Turut maembantu terselenggaranya masyarakat madani, yakni hidup berdampingansecara damai, sayang menyayangi tanpa membedakan ras, keturunan dan pandananpolitiknya, serta kelompok besar tidak memaksakan kehendaknya kepada kelompok kecil dan sebaliknya kelompok kecil menghormati kelompok besar.Setiap kita adalah pejuang hak asasi manusia. penegakan hak asasi manusia dapat kita mulai dilingkungan yang paling kecil, yaitu keluarga. Misalnya, jika kita berusaha untuk memahami bahwa saudara kita yang perempuan mempunyai hak yang setara dengan saudara laki-lakiuntuk mendapat pendidikan, maka kita sebenarnya telah memulai suatu langkah kecil untuk menghormati hak asasi manusia. Tetapi langkah kecil tersebut, jika dilakukan oleh semua orangakanmenjadi langkah besar. Yang penting dalam hal ini adalah bahwa setiap orang menaati hak asasi sesamanya. Maka, apa pun bentuk langkah yang di ambil oleh seorang untuk menunjukanpenghormatan kepada HAM. Kita sebagai warga indonesia wajib mendukung adanya upayapenegakan HAM yang di lakukan oleh lembaga-lembaga perlindungan HAM. Adapun dukungantersebut dapat di tunjukan antara lain dengan dikap berikut:1.Menghormati menghargai lembaga perlindungan HAM2.Mendengar dan melaksanakan materi penyuluhan hukum dan HAM3. Aktif men sosialikan hukum dan HAM4.Menghargai kaum hak-hak perempuan5.Membantu terwujudnya perlindungan hak-hak anak
9 3 9