1. jelaskan peran kimia!
2. apa hakikat ilmu kimia?
3. langkah-langkah keselamatan kerja di laboratorium!
4. peran kimia terhadap ilmu pengetahuan lain!
5. tuliskan tentang perilaku ilmiah!
6. langkah-langkah metode ilmiah!

1

Jawabanmu

2014-08-22T15:33:41+07:00
Peran:
1. Dalam bidang kedokteran, dengan bantuan ilmu kimia telah diciptakan alat pencuci darah (haemodialisis) yang sgt membntu para pasien.
2. Dalam bidang pertanian, ilmu kimia mendukung pembuatan bibit unggul dgn rekayasa genetika, pembuatan pupuk buatan serta pembuatan pestisida.

Hakikat :

Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.

Penerapan ilmu kimia pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK) membutuhkan pertimbangan yang mempunyai pengaruh pada proses perkembangan IPTEK. Tanggung jawab merupakan hal penting yang menyangkut kegiatan maupun pengunaan IPTEK. Dalam hal ini berarti Ilmu Pengetahuan dan Teknologi harus memperhatikan kodrat dan martabat manusia, menjaga keseimbanganekosistem serta bertanggung jawab pada kepentingan umum.  Ilmu Pengetahuan Alam merupakan bentuk refleksif (reflexion form) dari proses belajar yang ada dalam struktur tindakan instrumentasi, yaitu tindakan yang ditujukan untuk mengendalikan kondisi eksternal manusia. Ilmu Pengetahuan Alam terkait dengan kepentingan dalam meramal (memprediksi) dan mengendalikan proses alam.
IPA dibagi menjadi beberapa golongan. Dalam pengolongan IPA tersebut dimulai dari Matematika, Astronomi, Fisika, Kimia, Biologi dan Sosiologi. Dimana penggolongan tersebut didasarkan pada urutan tata jenjang, asas ketergantungan dan ukuran kesederhanaan.


langkah-langkah keselamatan:

Jagalah agar semua senyawa dan pelarut jauh dari mulut, kulit, mata dan pakaian. Hindarilah dari menghirup uat atau debu. Untuk mencium gas kibaskas gas menggunakan tangan sampai bau tercium. Jangan mencicipi atau membawa makanan atau minuman dalam laboratorium. Berhati-hatilah bila bekerja dengan asam kuat reagen korosif, reagen-reagen yang volatil dan mudah terbakar. Menggunakan kacamata pengaman atau gunakan penutup yang lebih besar untuk menutupi seluruh wajah.



1 5 1