1.ciri khusus kantong semar
2.kegunaan kantong semar

1.ciri khusus raflesia arnoldi
2.kegunaan raflesia arnoldi

2
mengeluarkan bau seperti bangkai.
Ciri-ciri dan Jenis Kantong Semar

Tumbuhan ini bisa tumbuh mencapati tinggi 15-20 m dengan langkah memanjat tanaman yang lain, meskipun ada sebagian spesies yang tak merambat keatas. Pada ujung daun ada sulur yang bisa termodifikasi membentuk kantong, yakni alat perangkap yang dipakai utk mengonsumsi mangsanya

Biasanya, Nepenthes mempunyai tiga jenis wujud kantong, yakni kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. Kantong atas ya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-22T13:51:05+07:00
Ciri khusus raflesia arnoldi= mengeluarkan bau tak sedap untuk menarik serangga. kantong semar= mengeluarkan bau untuk menarik serangga.
2 5 2
2014-08-22T13:53:56+07:00
Bunga Rafflesia
Tumbuhan ini bernama Rafflesia  arnoldi yang merupakan tanaman langka.  Bunganya berbau bangkai. Bau bunga ini untuk menarik perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan.

Semua jenis hewan dan tumbuhan yang memiliki ciri khusus tersebut merupakan bentuk adaptasi. Adaptasi adalah penyesuaiaan diri makhluk hidup terhadap lingkungannnya. 

Adapun jenis adaptasi dibedakan menjadi tiga macam yaitu :
1. Adaptasi morfologi (bentuk fisik) merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan bentuk paruh pada burung.

2. Adaptasi fisiologi (fungsi organ tubuh) merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan oleh suatu organisme. Contohnya, bunga rafesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga. Enzim adalah zat yang dapat mempercepat proses kimia. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.