Jawabanmu

2014-08-22T12:57:53+07:00
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, meliputi dan menjiwai sila-sila II,III, IV,V.
2. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, diliputi dan dijiwai oleh sila pertama dan meliputi serta menjiwai sila-sila III, IV, V.
3. Sila Persatuan Indonesia, diliputi dan dijiwai oleh sila I, II dan meliputi serta menjiwai sila-sila IV,V.
4. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dilputi dan dijiwai sila I,II,III, dan meliputi serta menjiwai sila V.
5. Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, diliputi dan dijiwai oleh sila I,II,III,IV.
2 4 2
  • att
  • Gemar Membantu
2014-08-22T13:35:53+07:00
Menurut saya:

sila-sila dalam pancasila, apabila ditelaah makna hubungannya, maka akan terbentuk segitiga piramidal dimana sila 1 : ketuhanan yang maha esa akan menjadi keutamaan atau menjadi hal yang utama dan berada di posisi oaling atas sehingga penerapannya sangat diutamakan. susunan segitiga piramidal tersusun urut (dari atas); sila 1, 2, 3, 4, 5.
*sila 1. ketuhanan yg maha esa, menunjukkan bahwa sila ini merupakan sila yang menjadi pedoman atau penuntun dimana semua kegiatan bermasyarakat dan bernegara harus berdasar atas asas ketuhanan yg maha esa.
*sila 2. kemanusiaan yg beradab. sila ini memiliki hubungan denggan sil 1, dmana apabila suatu kehidupan dijlankan dg dsar bertuhan, maka akan membentuk manusia yg beradab dan bertingkah laku baik. begitu juga jika manusia yg memiliki adab yg baik, maka ia akan mengerti bagaimana cara beerpedoman pada asas ketuhanan.
*sila 3. persatuan Indonesia, hubungan sila ketiga ini sangat jelas berhubungan dg sila 1 dan 2, dimana apabila bangsa dn negara Indonesia kita ini terdiri atas manusia-manusia beradab dan berpegangan pda ketuhanan yg maha es, maka akan terbentuk negara yg bersatu tanp dipisahkan oleh jarak permusuhan.
*sila 4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusywaratan perwakilan. maknanya, bahwa sistem bermasyarakat di Indonesi ini diwakili oleh orang2 yg telah dipilih bersama, dan dlam kebijakannya terhadap negara, hasil yg diinginkan dimusyawawarhkan bersama untuk mendapat mufakat. wakil2 yg mewakili rakyat yg dmksud dalam sila ini haruslah jelas, maksudnya harus mliputi orang yang bertuhan, paham hukum tuhan, beradab, dan mementingkan untuk persatuan indonesia.
*sila 5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. keadilan sosial yg diperoleh bangsa indonesia merupakan wujud keadilan bersama, ya melalui sila-sila di atas tadi dapat disimpulkan bahwa wakil-wakil atau manusia / warga negara yang dalam hidupnya dengan sunggug sungguh mengilhami sila Ketuhanan yang maha esa dengan penuh termasuk manusia dan memiliki sifat kemanusiaan yg beradab, mementingkan dan menciptakan persatuan indonesia melalui kebijakan bersama hasil musyawarah dan mufakat maka akan terwujud pula keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
#semoga membantu