Jawabanmu

2013-12-16T16:35:37+07:00
Air mata basal = air mata sehat
air mata refleks = karna iritasi oleh benda asing
air mata tangisan ( psikis) = emosional yang kuat, depresi, atau nyeri pisisk
cara timbulnya air mata psikis beda dengan air mata yang lain, terdapat sebuah sisitem yang di sebut sistem limbik yang terdapat dalam produksinya. khususnya hipotalamus
cabang parasimpatis dari sistem otonom yang mengatur kelenjar lakirmasi atau air mata

neurotransmiter asitelkolin -> reseptor nikotinik -> reseptor  muskarinik -> kelenjar mata menghasilkan air mata

ketika kedua reseptor tsb teraktivasi barulah kelenjar mata mengekuarkan air mata

2013-12-16T17:24:18+07:00
Di atas sudut luar mata kita, tepat di bawah alis, ada kelenjar lakrimal atau lebih dikenal dengan kelenjar air mata. Ukurannya hanya sebesar buah kenari, tetapi organ yang kecil ini dapat menyemburkan aliran air mata. Kelenjar air mata selalu membuat air mata, bahkan di saat kita sedang ngaskus.
Air mata ini membasahi mata agar tetap bersih dan jernih. Air mata muncul lewat jalan keluar yang ada di sudut luar mata kita. Setiap kali kita berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata di mata kita. Kemudian air mata mengalir lewat lubang di sudut dalam mata melewati saluran lain dan menuju ke bidang di belakang hidung kita, dimana air mata itu diserap oleh tubuh.
Namun jika ada banyak debu di mata kita, ceritanya jadi berbeda. Air mata akan mengalir lebih cepat untuk meningkatkan usaha pembersihan. Air mata yang dihasilkan bisa sangat banyak sehingga air mata itu keluar dari kelopak mata bawah.