Jawabanmu

2014-08-22T06:43:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Asal mula gunung merapi
Pada jaman dahulu kala, pulau Jawa belum banyak daerah yang dihuni oleh manusia. Kebanyakan wilayahnya adalah hutan belantara yang dihuni oleh makhluk-maklhuk gaib dan binatang liar. Keadaan pulau jawa pada waktu itu miring, shingga mengkawatirkan kelangsungan makluk hidup yang menghuninya. Hanya ada beberapa bagian yang dihuni oleh sekelompok manusia yang hidup secara bergerombol dan suka berpindah-pindah karena keganasan alam dan serangan musuh.
Para penghuni pulau jawa ini tidak menyadari kalau tanah yang mereka tempati itu sebenarnya miring, sehingga ada kekhawatiran akan meluncur dan tenggelam ke laut Selatan. Yang mengetahui keadaan ini adalah para dewa di kayangan yang peduli akan kelangsungan hidup para penghuni pulau Jawa waktu itu. Para dewa di kayangan akhirnya sepakat untuk membuat agar pulau Jawa tidak miring, sehingga para penghuninya bisa berkembang biak dan semakin maju peradabannya.
Untuk membuatnya tidak miring, para dewa di kayangan berencana memberikan pemberat yang diletakkan di tengah-tengah pulau. Kemudian para dewa bekerja keras untuk mewujutkan rencana mereka. Pekerjaan dimulai dengan menimbang pulau Jawa untuk menentukan titik tengah keseimbangan pulau itu. Terjadilah gempa bumi yang dahsyat pada waktu itu karana pulau itu diangkat dan diletakkan diatas timbangan oleh para dewa. Dahsyatnya gempa bumi pada waktu itu tidak menimbulkan banyak korban jiwa, karena sudah diperhitungkan oleh pawa dewa dan penduduk waktu itu hanya tinggal di gubuk-gubuk. Ketakutan yang mereka alami tentu saja tidak bisa mereka elakkan lagi. Tidak hanya menusia yang ketakutan namun para penghuni lainnya termasuk binatang juga lari tunggang-langgang ketakutan.
Para penghuni pulau Jawa pada saat terjadi gempa yang dahsyat itu kebanyakan larinya ke arah selatan, sehingga menambah parah kemiringan pulau Jawa. Para dewa pun berpikir keras untuk menaruh pemberat yang lebih besar dari yang diperkirakan mereka sebelumnya.
Para dewa kemudian berunding lagi untuk menentukan pemberat yang akan mereka taruh di tengah pulau itu. Mereka memutuskan menggunakan Gunung Jamurdwipa yang yang sangat terkenal bagi makhluk-makhluk gaib dan sangat tinggi menjulang di dalam laut selatan. Para dewa kemudian memberikan pengarahan dan meminta ijin para penghuni Gunung Jamurdwipa aga segera pindah tempat, karena gunung yang mereka tempati akan dipindahkan ke tengah-tengah pulau Jawa.
Dari hasil pengukuran yang telah mereka lakukan terdahulu, ternyata lokasinya dihuni oleh dua orang yang sedang bekerja di tengah hutan belantara. Ke dua orang itu tenyata empu yang sedang membuat keris. Para dewa kemudian mengutus Dewa Panyarikan dan Batara Naradha beserta para pengawal untuk memberitahu kepada kedua orang itu agar segera pindah karena tempatnya akan diletakkan Gunung Jamurdwipa.
Para utusan dewa itu terpesona melihat kedua empu yang sedang mengerjakan keris masing-masing tanpa bantuan alat apapun. Empu itu sedang mencampur segala macam bahan logam dan dengan tangan kosong mereka menggunaka telapak tangan dan jari-jari untuk menempa dan memilin campuran bubuk logam itu hingga menggumpal.

13 4 13
2014-08-22T06:44:38+07:00
Asal Mula Gempa Bumi Pada jaman dahulu kala hiduplah seorang saudagar laki-laki kaya yang sangat tamak saudagar ini tinggal di negeri yang bernama Altras,sementara itu diwaktu yang sama tapi berbeda tempat hidup juga seorang saudagar wanita yang tamak dan tinggal di negeri yang bernama Ultras.
Kedua saudagar ini sangat tamak dan pelit,apabila ada seseorang yang menyentuh pagar rumahnya mereka akan berteriak “Hei,mau apa kau pencuri ?”,tetangga mereka sudah terbiasa dengan kejadian seperti itu sehingga mereka tidak heran lagi apabila mereka berteriak-teriak.
Pada suatu hari kedua saudagar itu memiliki sebuah ide yaitu,”Tanah ini adalah tanah rumahku berarti tanah rumahku itu ada sampai ke bawah sana,wah kalau begitu aku bisa kaya dong”,pikir mereka.
Keesokan harinya mereka mulai mencangkul halaman rumahnya,orang-orang yang melintas hanya menggelengkan kepala melihat kelakuan mereka,kedua orang tamak itu bekerja hingga lubang yang dibuat sangat dalam.
Setelah bekerja siang dan malam akhirnya tebentuk lubang yang cukup besar dan dalam untuk dimasuki kedua orang itu.Mereka lalu memutuskan masuk ke lubang itu sambil membawa cangkul,di dalam sana mereka terkejut ternyata di dalam bumi terdapat banyak sekali harta.
Mereka terpukau dengan banyaknya sekali harta yang mereka temukan,lalu mereka memutuskan untuk mengmbil harta yang banyak itu,
saat mereka sedang mengambil harta-harta itu tiba-tiba terdengar suara gemuruh lalu semuanya menjadi gelap.
Apa yang terjadi?,ternyata kedua orang tamak itu telah menggali sampai ke bawah pondasi rumah mereka sehingga rumah mereka roboh,
sambil menyumpah-serapah mereka berjalan terseok-seok di dalam perut bumi.
Singkat cerita keduanya bertemu lalu mereka menceritakan pengalaman mereka,keduanya lalu menikah karena mereka memang belum menikah kemudian bertahun-tahun kemudian di desa tempat tinggal kedua orang tamak itu terjadi peristiwa yang mengejutkan tanah terbelah dan bumi menjadi bergetar,apa penyebanya ?,penyebabnya adalah kedua orang tamak dan anak-anak mereka mencoba keluar dari tempat itu dengan mendorong tanah yang menghalangi jalan mereka,mereka melakukakn itu terus menerus hingga ke anak cucu mereka,mereka tetap mencoba keluar dari dalam perut bumi.
15 4 15
bro asal cerita dari mana?
ehm. maaf, itu crta udh pernah ak bca dgoogle tpi gk aq ambil