Jawabanmu

2014-08-21T22:18:04+07:00
1.Prinsip Penyebaran (Distrbusi)
2.Prinsip Diskripsi
3.Prinsip Interrelasi
4.Prinsip Kronologi (Terpadu/Integrasi)
terima kasih ya jawabannya......
Prinsip Distribusi (Penyebaran)
Prinsip Interelasi (keterkaitan)
Prinsip Deskripsi (penggambaran)
Prinsip Korologi(Terpadu/Integrasi)
Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T22:26:52+07:00
Setelah kemarin membahas tuntas
mengenai pengertian geografi,
pada kesempatan kali ini Zona
Siswa akan mencoba
menghadrikan Prinsip-prinsip
Geografi. Semoga bermanfaat.
Check this out!!!
Setiap bidang ilmu mempunyai
konsep dan prinsip tersendiri,
meskipun terkadang ada kesamaan
prinsip antara beberapa bidang
ilmu. Prinsip suatu ilmu
digunakan sebagai dasar untuk
menjelaskan fenomena yang terjadi
dengan memahami karakteristik
yang dimiliki dan keterkaitan
fenomena tersebut dengan
permasalahan lain.
Pada batasan-batasan geografi
dapat dilihat bahwa adanya prinsip
yang dipergunakan dalam
mempelajari geografi. Prinsip-
prinsip ini menjadi dasar pada
uraian, pengkajian dan
pengungkapan gejala, faktor,
variabel dan masalah Geografi.
Adapun prinsip-prinsip yang
dipegang dalam geografi sebagai
berikut.
1. Prinsip Distribusi
(Penyebaran)
Prinsip yang pertama yang
digunakan untuk menelaah dan
mengkaji gejala dan fakta geografi
adalah prinsip distribusi atau
penyebaran. Geografi menganut
prinsip ini karena adanya
persebaran fenomena geografi
yang tidak merata di muka Bumi
ini. Fenomena tersebut bisa
berupa bentang alam, tumbuhan,
hewan dan manusia.
Tugas geografi memberikan
gambaran tentang penyebaran
fenomena tersebut dan penyebab
terjadinya. Dengan memperhatikan
penyebaran suatu fenomena yang
terjadi, pengungkapan persoalan
yang berkenaan dengan fenomena
tersebut dapat terarah degan baik.
Tidak hanya itu, penggunaan
prinsip penyebaran juga dapat
mengungkap hubungan antara satu
fenomena dengan yang lain secara
menyeluruh.
Misalnya, penyebaran potensi air
yang berbeda dari satu tempat
dengan tempat lainnya,
penyebaran limbah cair dalam
tanah, penyebaran polusi udara,
dan sebagainya.
2. Prinsip Interelasi
(Keterkaitan)
Setelah pola penyebaran dan fakta
geografi dalam suatu ruang telihat,
prinsip ke dua dari geografi adalah
mengurai hubungan yang saling
terkait didalamnya. Geografi
menganut prinsip ini karena
adanya hubungan yang saling
terkait antara alam dan manusia.
Interelasi atau hubungan ini dapat
terjadi antara alam dengan alam,
manusia dengan manusia, maupun
alam dengan manusia. Melalui
hubungan tersebut, pengungkapan
karakteristik gejala atau fakta
geografi tempat atau wilayah
tertentu juga dapat dilakukan.
Misalnya, fenomena banjir yang
terjadi akibat penebangan hutan di
wilayah hulu atau kekeringan yang
berkepanjangan sebagai dampak
adanya La Nina.
3. Prinsip Deskripsi
(Penggambaran)
Ketika pola penyebaran suatu
fenomena dan keterkaitannya
dalam suatu ruang, tugas geografi
selanjutnya adalah
mendeskripsikan hal-hal tersebut.
Geografi menganut prisnip ini
ditujukan untuk menggambarkan
fenomena geosfer yang
memerlukan deskripsi baik melalui
tulisan, table, gambar atau grafik
yang disajikan melalui fakta, gejala,
dan masalah sebab-akibat secara
kualitatif maupun kuantitatif.
Misalnya, peta persebaran lempeng
tektonik di dunia.
Contoh Pri
4. Prinsip Korologi
Prinsip Korologi merupakan
gabungan atau perpaduan dari
ketiga prinsip diatas. Dalam
prinsip ini gejala dan
permasalahan geografi dianalisis
persebarannya, interaksi dan
interelasinya dari berbagai aspek
yang mempengaruhinya. Prinsip
korologi, merupakan prinsip
geografi yang komprehensip,
karena memadukan prinsip-
prinsip lainnya. Prinsip ini
merupakan ciri dari geografi
modern.
Semoga artikel tersebut di atas
tentang Prinsip-prinsip Geografi
bisa bermanfaat bagi soabt
sekalian. Tidak lupa juga bagi
sobat yang menemukan kesalahan
baik berupa penulisan maupun
penjelasan, mohon kiranya kritik
dan saran yang membangun untuk
kemajuan bersama. Terima kasih
3 3 3