Jawabanmu

2014-08-21T22:12:31+07:00
pengertian tari menurut para ahli
Haukin menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi sebagai ungkapan si pencipta (Haukins: 1990, 2).La Mery , bahwa ekspresi yang berbentuk simbolis dalam wujud yang lebih tinggi harus diinternalisasikan Untuk menjadi bentuk yang nyata.Kamala Devi Chattopadhyaya. Tari adalah suatu instinct atu desakan emosi didalam diri kita yang mendorong kita untuk mencari ekspresi pada tari.Sussanne K Langer :  tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati melalui rasa ke dalam penghayatan ritme tertentu.Corry Hamstrong : tari merupakan gerak yang diberi bentuk dalam ruang.Suryodiningrat : tari merupakan gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.Cooric Hartong : Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk ritmis dari badan di dalam ruang.Judith Lynne Hanna : Tari adalahseni plastis dari gerak yang visual terlihat sepintas.
Aristoteles : Tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk menghadirkan karakter manusia, sebagaimana merekabertindakdanmenderita.
Kamaladevi Chattopadhyay : Tari adalah desakan perasaan manusia dalam dirinya yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak ritmis.Suadarsa Pringgo Broto : Tari adalah ketentuan bentuk-bentuk gerakan tubuh dan ruang.
Suryo : mengedepankan tentang tari dalam ekspresi subyektif yang diberi bentuk obyektif
M. Jazuli : Tari adalah bahwa gerak-gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik.jazuli : Irama musik sebagai pengiring dapat digunakan untuk mengungkapkan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan pencipta tari melalui penari.hawkins : ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam imajinasi dalam bentuk media gerak sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya (Hawkins, 1990:2).Soedarsono : Tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.Susan K.Lenger : Tari adalah gerak-gerak yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk dapat dinikmati.Curt Sacha : Tari adalah gerak yang ritmis
 S. Humardani : Tari adalah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.Curt Sachs : Tari adalah gerakan yang berirama. Pengucapan jiwa manusia melalui gerak-gerik berirama yang indah.K M A Theodora Retno Maruh  : tari adalah suatu kesenian yang tidak akan pernah bersifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.Drs. I Gede Ardika : tari adalah sesuatu yang bisa disatukan dalam berbagai hal hingga semua orang dapat menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut caranya masing-masing.
Irmgrad Bartenieff & Forrestine Paulay : Tari adalah bentuk seni yang ekspresionostis yang menjembatani reaksi jiwa seseorang dengan konflik dan problem dunia modern.
C. Sachs : Seni tari adalah pengucapan jiwa manusia melalui gerak – geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai – bagai jenis tarian , sama ada tarian asli ataupun tarian yang telah dipengaruhi oleh unsur – unsur moden.CurtSach : Tari merupakan salah satu cabang seni yang mendapat perhatian besar di masyarakat. Ibarat bahasa gerak, hal tersebut menjadi alat ekspresi manusia dalam karya seni
1 5 1
2014-08-21T22:14:23+07:00
Prof. dr. sudarsono
ekspresi jiwa manusia yg diungkapkan dalam bentuk gerak yg ritmis dn indah

john martin (amerika)
ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan lewat bentuk gerak yg ritmis dn indah

corrie hartong (belanda)
gerak2 yg diberi bentuk ritmis dari anggota badan didalam ruang & wktu trtntu

curt sach (jerman)
gerak yg rtimis&ekspresif
1 4 1