Jawabanmu

2014-02-13T19:10:16+07:00
2014-02-13T19:17:38+07:00
-Kunyit (Curcuma longa Linn.) merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun.Rimpang kunyit merupakan bagian yang sering dimanfaatkan masyarakat sebagai bumbu masakan, kosmetika, dan obat tradisonal. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah (Warintek, 2011a).
-
Tanaman jeruk nipis merupakan pohon yang berukuran kecil. Batangnya memiliki duri tajam dan banyak cabang-cabang kecil. Daunnya berbentuk bulat telur dan bertekstur agak kaku. Panjang daun sekitar 4-6 cm. Bagian tepi daun agak berlekuk ke atas. Sementara itu, tangkai daunnya kecil dan sempit. Bunga jeruk nipis berwarna putih dan harum. Buahnya berbentuk agak bulat dengan ujungnya sedikit menguncup. Saat masih muda, buah berwarna hijau. Semakin tua warna buah semakin hijau muda atau kekuningan. Rasa buahnya asam segar. 
-

Bentuk cabang pada jambuyaitu berkayu dan permukaannya licin dan terlihat lepasnya kerak (bagian kulit yang mati)Arah tumbuh batangnya tegak lurus (erectusJambu memiliki cabang sirung pendek (virgula atau virgula sucre scens) yaitu cabang – cabang kecil dengan ruas – ruas yang pendek yang selain daun juga merupakan pendukng bunga dan buah -          Arah tumbuh cabangnya.
-

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.
-Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter.Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.[2] Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya,[2]


1 1 1