Jawabanmu

2014-08-21T20:07:29+07:00
kedukaan terhadap tanah kelahirannya yang direbut oleh kekuasaan penjajah pada masa itu atau bagaimana keadaan dari tanah kelahirannya
Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T20:17:26+07:00
‘Tanah Kelahiran’ sebagai sesuatu yang begitu tenang dan menentramkan. Namun andai kata penyair menggunakan kata tenang dan tentram untuk menggambarkan ‘Tanah Kelahiran’ imaji yang konkret dan khas tidak akan pernah timbul. Hal itu karena kata tenang dan tentram bersifat abstrak dan umum (tidak khas). Puisi itu kemudian menjadi tak berjiwa dan segera mati sebelum sempat memikat hati. Tetapi penyair tidak memilih untuk menggunakan kata tenang dan tentram untuk menggambarkan ‘Tanah Kelahiran’. Sehingga gambaran akan ‘Tanah Kelahiran’ hadir sebagai sesuatu yang wujud dan memikat, dan pembaca tetap bisa menangkap rasa tenang dan tentram, bahkan lebih lagi.
1 5 1