Jawabanmu

2014-08-21T20:18:12+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T23:36:24+07:00
a) \frac{2a}{3a+ \sqrt{5} } .  \frac{3a- \sqrt{5} }{3a- \sqrt{5} } = \frac{6a^2-2a \sqrt{5} }{9a^2-5}  \\  \\  \frac{a(6a-2 \sqrt{5}) }{9a^2-5}

b)  \frac{ \sqrt{3} }{ \sqrt{5}- \sqrt{10}  }  .  \frac{ \sqrt{5}+ \sqrt{10}}{ \sqrt{5}+ \sqrt{10}}  \\  \\  \frac{ \sqrt{15}+ \sqrt{30}  }{5-10} =  \frac{\sqrt{15}+ \sqrt{30}}{-5}

c) \frac{xy}{\sqrt{x}+ \sqrt{y}} . \frac{\sqrt{x}- \sqrt{y}}{\sqrt{x}- \sqrt{y}} = \frac{xy(\sqrt{x}- \sqrt{y})}{x-y}

Rasionalkan caranya adalah mengalikan dengan akar sekawan, maskdunya jika yang satu (a+b) maka kita kalikan dengan (a-b) maka hasilnya menjadi (a^2-b^2) sehingga akar di penyebut menjadi hilang.

Semoga Membantu ^^
1 5 1