Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-13T17:58:26+07:00
Kebudayaan Daerah Merupakan Sumber Kebudayaan NasionalBembahas tentang budaya, Indonesia memang bisa dikatakan sebagai sumber sari bebagai macam budaya yang ada. Dari sabang sampai merauke wilayah yang luput dari kekayaan budaya Indonesia. Karna itulah identitas bangsa yang menjadi tanggung jawab kita untuk terus dijadikan pedoman bertanah air. Berbicara tentang kabudayaan bangsa juga erat kaitannya dengan identitas bangsa yaitu kebudayaan nasional bangsa Indonesia.
Pembentukan identitas dan karakter bangsa sebagai sarana bagi pembentukan pola pikir (mindset) dan sikap mental, memajukan adab dan kemampuan bangsa, merupakan tugas utama dari pembangunan kebudayaan nasional. kebudayaan nasional Indonesia perlu diisi oleh nilai-nilai dan norma-norma nasional sebagai pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di antara seluruh rakyat Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah nilai-nilai yang menjaga kedaulatan negara dan integritas teritorial yang menyiratkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air, serta kelestariannya, nilai-nilai tentang kebersamaan, saling menghormati, saling mencintai dan saling menolong antar sesama warganegara, untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan martabat bangsa. 
Jadi, kebudayaan daerah adalah asal mula dari kebudayaan nasional, bermula dari kebudayaan-kebudayaan yang ada di daerah daerah di seluruh Indonesia terbentuklah kebudayaan nasional sebagai indentitas bangsa Indonesia . 

Alasan kebudayaan daerah bisa menjadi kebudayaan nasional :


· Kebudayaan daerah adalah titik cikal bakal terbentuknya negara Indonesia.
· Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia.
· Kebudayaan lokal yang dimiliki tiap daerah memiliki kekuatan sendiri.
· Kepercayaan orang-orang di daerah masih terlihat mistik, ini menjadi hal yang unik di mata negara luar.
· Kebudayaan daerah sebagai tiang dari keberadaan budaya nasional.
· Kesatuan budaya daerah sebagai identitas keberadaan di negara Indonesia.


contohnya :
"Batik Dinominasikan sebagai Warisan Budaya Takbenda"
10 4 10
2014-02-13T18:00:08+07:00
Karena jika semakin banyak keragaman budaya di suatu negara, maka banyak wisatawan yang tertarik untuk datang dan menambah devisa negara.
6 2 6