Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T19:36:35+07:00
FUNGSI, PERAN, DAN SIFAT IDEOLOGI FUNGSI 1. Sbg Landasan (paradigma) dlm memahami keadaan
2. menjadi pedoman & pegang nertindak dan ber karya
3. Sbg wawasan dan Arah dalam kehidupan
4. menjadi Bekal dan Panduan/jalan untuk menentukan keduduka diri
5. Me motivasi menjalankan dan mencapai tujuan
6. Menentukan Orentasa dan sbg norma
Peran
1. Sbg Tanggapan, jawaban akan kebutuhan keduadukan suatu kelompok, citra sosialnya.
2. Untk meneguhkan dan menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan suatu kelompok.
Sifat
Sifat terbuka dan tertutup
Sifat terbuka :
1. Nilai - nilai dan cita2 nya : dari budaya . pikiran masyarakiat
digali darinya
2. Konsepnya: hasil konsensus dari kelompok atau masyarakat
3. Jiwanya : milik seluruh masayarakat dan menjiwai kepribadiannya.
4. Isinya : Secara global dalam bentuk konstitusi
5. Substansinya : dinamis dan reformis
Sifat tertutup
1. Nilai - nilai dan cita2 nya : dari seseorang atau sekelompok dari bagian masyarakiat
2. Konsepnya: Dengan mengorbankan kelompok atau masyarakat
3. Jiwanya : milik seseorang dg loyalitas yang kaku, sebagai doktrin yang tidak dijiwai dg kepribadiannya.
4. Isinya : Secara detail dan dirumuskan secara operasional bentuknya komando
5. Substansinya : ketaatan mutlak dg kekuatan dan kekuasaan.
Totaliter
Pancasila adalah dimasukkan dalam Ideologi Terbuka
Sebagaimana dipahami dari proses adanya Ideologi tersebut.
Adapun Ideologi Terbuka memliki 3 dimensi
1. Realitas (kenyataan yangada)
2. Fleksibelitas ( Dapat menyesuaikan/ Lentur)
Dg berpegang pada kepribadian
3. Idealisme (Suatu yang unggul yang bernilai utama)
UNSUR Ideologi Pancasila
1. Nilai ketuhanan
2. Nilai Kemanusiaan
3. Nilai Kebersamaan
...
2 4 2
2014-08-21T20:09:12+07:00
1. struktur kognitif, yaitu keseluruhan pengetahuan yang dapat meruapakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian alam sekitarnya.
2.orientasi dasar negara membuka wawasan dan memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.
3.norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan
4.pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma norma yang terkandung di dalamnya.