1. Apakah
fungsi eosin?


2. Bagaimana
cara mengukur volume oksigen yang dihirup jangkrik?



3. Apakah
fungsi dari Kristal KOH/NaOH ?


4.Pada
percobaan ini faktor-faktor apa saja yang memperngaruhi respirasi pada
serangga?




Buatlah kesimpulan dari kegiatan yang sudah kamu lakukan!

2

Jawabanmu

2014-02-13T16:26:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Apakah fungsi eosin? 
Fungsi eosin adalah sebagai indikator oksigen yang dihirup oleh organisme percobaan (jangkrik) pada respirometer. Saat jangkrik menghirup oksigen maka terjadi penurunan tekanan gas dalam respirometer sehingga eosin bergerak masuk ke arah respirometer.

Bagaimana cara mengukur volume oksigen yang dihirup jangkrik?
Dengan melihat skala pada pipa respirometer. Volume dihitung berdasarkan selisih posisi awal eosin dengan dengan posisi terakhir eosin pada pipa berskala, dan dihitung per satuan waktu (menit)

Apakah fungsi dari kristal KOH/NaOH?
Fungsi dari Kristal KOH/NaOH pada percobaan yaitu sebagai pengikat CO2 agar tekanan dalam respirometer menurun. Jika tidak diikat maka tekanan parsial gas dalam respirometer akan tetap dan eosin tidak bisa bergerak. Akibatnya volume oksigen yang dihirup serangga tidak bisa diukur. Kristal KOH/NaOH dapat mengikat CO2 karena bersifat higroskopis. Reaksi antara KOH dengan CO2,  sebagai berikut:
(i) KOH + CO2 → KHCO3(ii) KHCO3 + KOH → K2CO3 + H2O

Pada percobaan ini faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi respirasi pada serangga?
Faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi diantaranya:
Berat tubuh, Semakin berat tubuh suatu organisme, maka semakin banyak oksigen yang dibutuhkan dan semakin cepat proses respirasinya.Ukuran tubuh, Makin besar ukuran tubuh maka keperluan oksigen makin banyak.Kadar O2, Bila kadar oksigen rendah maka frekuensi respirasi akan meningkat sebagai kompensasi untuk meningkatkan pengambilan oksigen.Aktivitas, Makhluk hidup yang melakukan aktivitas memerlukan energi. Jadi semakin tinggi aktivitasnya, maka semakin banyak kebutuhan energinya, sehingga pernafasannya semakin cepat.
15 4 15
2014-02-13T16:30:51+07:00
1. mengetahui kecepatan pernapasan jankrik
2.melihat berapa garis yg dilewati tabung respirometer
3.pengikat O2 agar tdk dihirup jankrik
4.massa dari jankrik tersebut
kesimpulan= gas yg dibutuhkan jankrik bernafas adalah O2. semakin berat organisme, semakinn banyak O2 yg dibutuhkan
3 2 3