karena tumbuhan putri malu memiliki iritabilitas atau rangsang pada sentuhan
karena tumbuhan putri malu peka terhadap rangsang (iritabilitas) sentuhan, sehingga saat disentuh, daunnya akan menutup.

Jawabanmu

2014-08-21T17:19:15+07:00
Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan turgor pada tulang daun.
Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T17:25:21+07:00
Karena putri malu bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor( yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya. jadi ketika disentuh,bagian tertentu pada batang terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia termasuk ion potasium yang memaksa air keluar dari vakuola dan air berdifusi keluar sel yang menyebabkan hilangnya tekanan dalam sel sehingga sel menjadi kempis. perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu pada sel mengakibatkan mengatupnya pada lembaran daun. rangsangan ini jug bisa diteruskan pada lembaran-lembaran daun lain yang berdekatan
1 5 1