1.Bagaimana upaya untuk merebut Irian Barat melalui jalur diplomasi!..... 2.Mengapa dalam upaya pembebasan Irian Barat, ditempuh dengan perjuangan senjata?...., 3Apa yang dimaksuk dengan mobilisasi umum?.... 5.sebutkan langkah2 operasi yang direncakan oleh Komando Mandala!........ 6.Sebutkan isi Bunker proposal !.,......... 7.jelaskan apakah yang dimaksud dengan peristiwa "Peristiwa Aru"!....... 9.Terangkan peranan UNTEA dalam penyelesaikan masalah Irian Barat!....... 10.Bagaimanakah hasil Pepera? Dan apa artinya bagi RI !.........

1

Jawabanmu

2014-02-14T23:50:36+07:00
Alan diplomasi yang ditempuh pemerintah Indonesia merupakan langkah awal dalam rangka pengembalian Irian Barat. Dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) sebenarnya telah dinyatakan bahwa Kerajaan Belanda akan menyerahkan kedaulatan wilayah Irian Barat kepada Republik Indonesia Serikat dengan tidak bersyarat dan tidak dapat dicabut.
Karena Belanda tidak memathi isi KMB, maka pada tahun 1954 pemerintah Indonesia membawaPBB. Persoalan Irian Barat berulang kali dimasukkan ke dalam agenda Sidang Majelis Umum PBB, tatapi tidak memperoleh tanggapan yang positif. Pada tahun 1957, menteri luar negeri Republik Indonesia berpidato di depan Sidang Majelis Umum PBB. Isi pidatonya antara lain menyatakan bahwa mengenai Irian Barat pemerintah Indonesia akan menempuh cara lain setelah cara diplomasi tidak berhasil menyelesaikannya. Nada keras yang dilontarkan Menteri Luar Negeri Indonesia tersebut tidak mampu mengubah pendirian negara-negarapendukung Belanda. Dukungan negara-negara terhadap Belanda semakin kuat ketika persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur semakin menguat dalam suasana Perang Dingin. Karena dukungan sejumlah negara terhadap penguasaan wilayah Irian Barat, Kerajaan Belanda tidak mau menyerahkan Irian Barat kepada pemerintah Indonesia.
 
Semua partai dan golongan/ormas yang ada di Indonesia mendukung usaha pembebasan Irian Barat. Irian Barat merupakan bagian wilayah Indonesia. Pada tahun 1957, pemerintah Indonesia melancarkan aksi-aksi untuk mengembalikan Irian Barat ke Indonesia. Langkah awal yang dilaksanakan adalah mengambil alih perusahaan milik Belanda di Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1960, Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Belanda.


7 2 7
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus