Jawabanmu

2014-08-21T16:46:41+07:00
Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia cukup memberikan kontribusi, dengan diketemukannya jalur perombakan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini  mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan
Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi; logam maupun minyak bumi dengan sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya.
Manfaat secara langsung mungkin tidak ada, misal dengan melarutkan bon-bon pembelian, PO (purchasw order), surat jalan, struk upah, faktur pajak ke dalam larutan asam sulfat pada suhu 100°C, PASTI TIDAK ALAN MENGHASILKAN LAPORAN KEUANGAN, NERACA LABA/RUGI dan sebagainya.

Mungkin, beberapa istilah khas dalam ilmu kimia dipakai di bidang ekonomi, misal katalis(ator), kesetimbangan, propogasi, inisiasi, analisa kualitatif, analisa quantitatif, neraca (mass and energy balance) dll.

Tetapi kalau aktivitas terkait ekonomi (ekspor, impor, produksi dll) 100% terdapat peran ilmu kimia. Sebutkan aktivitas apa saja, pasti ada peran ilmu kimia di dalamnya. Misal transportasi (butuh kendaraan, bahan bakar dll), kendaraan (mobil misalnya) terdapat logam, ban (karet), kaca, cat dsb adalah hasil dari rekayasa kimia. Anda menulis atau bertanya pada yahoo answer pun terdapat peran ilmu kimia (kertas, tinta, ball point, key board, monitor dan banyak lagi yang lainnya).
salah satu peranan kimia dalam bidang teknologi adlah diciptakannya alat pencuci darah (hemodialisis) yang berguna untuk pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan darah atau ginjal