Apa zat yang terkandung dalam bunglon yg bisa membuat bunglon berubah warna ?

2
Maaf bkn geografi tp ipa
zat warna pada kulit
Tp pd bunglon
ia bukan itu sih ?
bunglon mengganti kulitnya karena memiliki sel kromatofor pada kulitnya

Jawabanmu

2014-02-13T13:59:41+07:00
Pigment unik pada lapisan kulit chameleon memberi kemampuan bunglon untuk mengubah warna yang di sebabkan oleh sinar matahari, suhu, dan mood
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-02-13T14:04:10+07:00
Bunglon memiliki sel-sel warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan. Di bawah lapisan ini terdapat dua lapisan sel yang mengandung pigmen berwarna merah dan kuning (juga disebut chromatophores).

Di bawahnya lagi ada lapisan sel yang merefleksikan warna biru dan putih. Lalu di bawahnya lagi ada lapisan melanin untuk warna coklat (seperti yang dimiliki manusia).

jawaban lain :
bunglon berubah warna karena :

1. Sinar Matahari
Ketika chameleon coklat ingin berjemur di bawah sinar matahari, maka si chameleon akan mengubah warna kulitnya menjadi hijau untuk memaksimalkan refleksi sinar matahari yang didapat.
2. Suhu
Ketika suhu dingin, kulit chameleon akan berubah berwarna lebih gelap untuk memaksimalkan penyerapan panas.
3. Mood
Bunglon jantan yang ‘ditantang’ chameleon lain bisa berubah warna menjadi merah kekuningan. Atau ketika si bunglon ‘fall in love’, bisa juga warnanya berubah untuk menarik perhatian :)
1 5 1