Jawabanmu

2014-08-21T12:39:58+07:00
Hindia Timur atau Indonesia telah lama dikenal
sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti
vanili, lada, dan cengkeh. Rempah-rempah ini
digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu
masakan, bahkan obat. Karena kegunaannya,
rempah-rempah ini sangat laku di pasaran dan
harganya pun mahal. Hal ini mendorong para
pedagang Asia Barat datang dan memonopoli
perdagangan rempah-rempah. Mereka membeli
bahan-bahan ini dari para petani di Indonesia dan
menjualnya kepada para pedagang Eropa.
Namun, jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453
ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan
rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal
ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki
Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini
mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur
pelayaran ke wilayah yang banyak memiliki bahan
rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara
(Indonesia). Dalam perkembangannya, mereka
tidak saja berdagang, tetapi juga menguasai
sumber rempah-rempah di negara penghasil.
Sejak saat itu dimulailah era kolonialisasi Barat di
Asia.
maksudnya daerah mana saja yang dilalui bangsa spanyol dan portugis dalam perjalanan menuju ndonesia
Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T13:18:28+07:00
Tgl 3 agustus 1492, columbus brngkat dari pelabuhan spanyol berlayar menuju arah barat.tgl 6 september smpai di kepulauan kanari di sblah brt afrika dan mangarungi lautan atlantik. Sekitar satu bulan berlayar tgl 12 okto 1492 mndrat di pntai bahama. Dann berlayar ke haiti
6 3 6