Jawabanmu

2014-08-21T12:15:38+07:00
Menurut saya:
1.      Masa Arkaikum (+ 2500 juta tahun yang lalu)
Masa arkaikum berarti masa awal atau masa awal munculnya kehidupan pembentukan bumi dari inti sampai kulit. Kondisi pada awal keadaan bumi belum stabil yang memilik udara sangat panas, sehingga tidak memungkinkan untuk timbulnya kehidupan. Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3,8 milyar.
2.      Masa Paleozoikum (+ 340 juta tahun yang lalu)
Paleozoikum artinya masa hidup tua, yang menjadi masa awal munculnya kehidupan dipermukaan bumi. Pada masa ini mulai terbentuknya hidrosfer dan atmosfer, yang memungkinkan munculnya kehidupan. Pada awal munculnya organisme bersel tunggal yang kemudian berkembang menjadi bersel banyak. Kemudian muncul organism-organisme yang lebih komplek secara bertahap dari invertebrate dan beberapa hewan yang hidup di lautan.
Zaman ini ditandai munculnya waktu peralihan kehidupan dari air ke darat. Tumbuhan dan hewan mulai muncul dan berkembang pertama kalinya termasuk tumbuhan paku, hewan amfibi, serangga dan reptile. Zaman paleozoikum disebut juga sebagai zaman primer (zaman pertama) yang berarti telah muncul bentuk kehidupan awal.
3.      Zaman mesozoikum (+140 tahun lalu)
Pada zaman ini bumi mengalami perkembangan yang sangat cepat dengan munculnya binatang-binatang berukuran besar  seperti reptile pemakan daging. Zaman ini sering disebut sebagai zaman reptile atau zaman jurasic. Zaman mesozzoikum disebut pula sebagai zaman sekunder atau zaman kedua.
4.      Zaman Neozoikum (+ 60 juta tahun yang lalu)
Neozoikum artinya zaman hidup baru. Zaman ini dibagi menjadi dua masa, yaitu:
a.      Zaman Tersier
Setelah punahnya zaman reptile raksasa, terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti munculnya primate dan burung tidak bergigi tajam yang menyerupai burung unta, sedangkan fauna laut seperti ikan dan moluska sangat mirip dengan fauna laut yang hidup sekarang. Tumbuhan berbunga terus berevolusi menghasilkan banyak variasi seperti semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput.
b.      Zaman Kuarter
Perkembangan dan kepunahan hewan dan tumbuhan saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global. Zaman kuarter terdiri dari dua kurun waktu yaitu kala Plestosen dan Kala Holosen.
1)      Kala Plestosen mulai sekitar tahun 600.000 tahun yang lalu. Pada Kala Plestosen paling sedikit terjadi 5 kali zaman es (zaman glacial). Pada zaman glacial sebagian besar Eropa bagian utara, Amerika bagian utara dan asia bagian utara ditutupi es, begitu pula pegunungan Alpen dan Pegunungan Himalaya. Keadaan flora dan fauna hidup pada Kala Plestosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup zaman sekarang. Dalam kehidupan manusia purba, pada kala ini muncul manusia purba Pithecantrhopus Erectus.
2)  Kala Holosen, mulai sekitar 200.000 tahun yang lalu. Manusia modern sperti manusia sekarang yang mempunyai peradapan mulai muncul.
 
makasih

3 3 3