Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-21T10:51:38+07:00
Menjadi jalur perdangan antar benua
1 5 1
2014-08-21T10:52:58+07:00
Menurut Saya :



Negara merupakan suatu wilayah yang mejadi tempat tinggal berbagi bangsa yang ada di dunia ini. Setiap negara memiliki ciri khas atau karakteristik masing - masing. Karakteristik dari sebuah negara tersebut di antaranya adalah jumlah penduduknya, letak wilayahnya, jumlah suku atau bangsa yang menempatinya hingga luas wilayah dari negara tesebut. Di dunia ini setiap negara memiliki luas yang berbeda - beda. Bentuknya pun juga beragam, ada yang berbentuk negara kepulauan ada juga yang berbentuk negara bukan kepulauan. Pada postingan ini Mas RZ akan membahas negara - negara yang berbentuk kepulauan.
Berikut ini adalah peringkat sepuluh besar negara yang berbentuk kepulauan yang ada di dunia ini.
1. Indonesia
Negara tercinta Indonesia kita ini ternyata masih menduduki posisi pertama negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Luas wilayah negara Indonesia adalah 1.904.569 km2 dan memiliki 17.508 pulau. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, dan Indonesia juga berada di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
2. Madagaskar
Negara yang terletak di sebelah timur benua Afrika ini masuk ke posisi dua sebagai negara kepulauan terbesar selanjutnya. Madagaskar memiliki luas wilayah yaitu 587.041 km2. Madagaskar juga menempati posisi ke empat sebagai pulau terbesar di dunia.
3. Papua Nugini
Papua Nugini, negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini ternyata juga masuk kedalam negara kepualuan terbesar. Luas wilayah Papua Nugini adalah 462.840 km2. Papua Nugini juga merupakan negara terluas ke-54 di dunia.
4. Jepang
Negara matahari terbit ini ternyata juga masuk kedalam negara kepulauan terbesar di dunia. Jepang memiliki luas wilayah 377.873 km2 dan memiliki 6.852 pulau. Negara Jepang mempunyai empat pulau besar utama. Pulau tersebut antara lain Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu.
5. Filipina
 Negara Filipina adalah negara yang berada di Asia Tenggara dan negara yang juga berbatasan dengan negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Luas negara Filipina adalah 300.000 km2 dan memiliki 7.107 pulau.
6. Selandia Baru
Negara yang berada di sebelah tenggara benua Australia ini juga masuk kedalam negara kepulauan yang luas. Luas dari wilayah negara Selandia Baru adalah 270.534 km2. 
7. Britania Raya
Negara selanjutnya yang masuk kedalam negara dengan kepulauan terluas adalah negara Britania Raya. Negara ini merupakan negara federal yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales. Luas wilayah dari Britania Raya ini adalah 242.900 km2.
8. Kuba
Kuba merupakan negara yang terletak di antara Teluk Meksiko, Laut Karibia, dan Samudra Atlantik. Negara ini mempunyai luas wilayah yaitu 110.861 km2.
9. Islandia
Islandia atau juga sering di sebut tanah es ini adalah sebuah negara kepulauan yang ada di bagian utara Samudra Atlantik. Luas wilayah dari negara Islandia ini adalah 103.000 km2.
10. Irlandia
Negara yang menduduki posisi ke sepuluh sebagai negara kepulauan terbesar di dunia adalah negara Irlandia. Negara ini terletak di barat laut benua Eropa. Luas wilayah negara Irlandia adalah 70.273 km2.
Itulah tadi negara - negara yang menduduki sepuluh besar sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dan ternyata indonesia masih menduduki peringkat yang pertama dan kita pun juga harus berbangga.



Makasih.... :)