Jawabanmu

2014-08-21T10:41:18+07:00
Soekarno dan moh yamin
2014-08-21T10:42:50+07:00
Menurut Saya:


ITU MEMAKAN WAKTU LAMA DAN PANJANG, LEBIH PANJANG DARI KACANG PANJANGM TETAPI SAYA RINGKAS SAJA:
Mr. Mohammad Yamin menyatakan pemikirannya tentang dasar negara Indonesia merdeka dihadapan sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945. Pemikirannya diberi judul ”Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia”. Mr. Mohammad Yamin mengusulkan dasar negara Indonesia merdeka yang intinya sebagai berikut:
   peri kebangsaan;   peri kemanusiaan;   peri ketuhanan;   peri kerakyatan;   kesejahteraan rakyat.

Mr. Supomo mendapat giliran mengemukakan pemikirannya di hadapan sidang BPUPKI pada tanggal 31 Mei 1945. Pemikirannya berupa penjelasan tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan dasar negara Indonesia merdeka. Negara yang akan dibentuk hendaklah negara integralistik yang berdasarkan pada hal-hal berikut ini:
 
 persatuan;   kekeluargaan;   keseimbangan lahir dan batin;   musyawarah;   keadilan sosial.


Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Sukarno mendapat kesempatan untuk mengemukakan dasar negara Indonesia merdeka. Pemikirannya terdiri atas lima asas berikut ini:   kebangsaan Indonesia;   internasionalisme atau perikemanusiaan;   mufakat atau demokrasi;   kesejahteraan sosial;   

Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pembukaan (mukadimah) UUD 1945 terdiri atas empat alinea. Pada Alenia ke-4 UUD 1945 tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang berbunyi sebagai berikut. 
   
Ketuhanan Yang Maha Esa.   Kemanusiaan yang adil dan beradab.   Persatuan Indonesia.   Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makasih... :)