Jawabanmu

2014-08-20T23:03:21+07:00
Buat jadi bentuk 4 pangkat semua. Itu 16 kan 4^2, 5/64 itu bisa jadi 4^-3 *5.
Jadi di ruas kiri bisa dapat :
4^(2x-3)+4^2(x-1)=4^-3 * 5
Maka semua 4nya bisa diabaikan
abis itu hitung X nya

hasilnya -5/2. ga ada jawabannya
hasilnya 0. Itu awalnya uda bener, cuma angka 4 nya ga bisa langsung diabaikan aja.
jadi caranya gimana?
Ruas kiri coba keluarin 4^(2x-3) nya. Cobain.
Jawaban paling cerdas!
2014-08-20T23:42:17+07:00
Ruas kiri: (Ruas kanan sudah dikerjakan td kan..)
 4^{2x-3} * 4^{2x-2} =  4^{2x-3}  (1 +  4^{1}) =  4^{2x-3} * 5

Sekarang persamannya sudah mirip kan. Baru kita olah pangkatnya.

2x-3 = -3

Dapat x = 0

Kuncinya itu tadi, keluarin faktor nya.
Kalo di operasi yg simple, 15+10 = 5 (3+2)