1. pancasila sebagai satu kesatuan
2. hubungan sila sila dalam pancasila
3. nilai ketuhanan yang maha esa
4. nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
5. nilai persatuan indonesia
6. nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
7. nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

1

Jawabanmu

2016-08-16T00:40:56+07:00
Jika dilihat dari gambar yang disertakan pada pertanyaan di atas, pertanyaan yang dimaksud di dalam gambar tersebut adalah untuk menguraikan ke-7 poin yang ditanyakan. Berikut penjabaran ke-7 poin tersebut:
1.  Pancasila sebagai satu kesatuan dapat diartikan sebagai sebuah ideologi negara yang dapat dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.

2.  Hubungan sila-sila dalam Pancasila merupakan poin-poin penting yang saling berhubungan satu sama lain. Kelima sila di dalam Pancasila tersebut saling melengkapi untuk menjadi pedoman/Ideologi seluruh warga negara Indonesia.

3.  Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, menggambarkan bahwa Tuhan Yang Maha Esa merupakan rujukan atau poin teratas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4.  Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, mencerminkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus hidup berbangsa dan bernegara dengan dilandasi untuk saling menghormati sesama.

5.  Nilai persatuan Indonesia, dapat diartikan sebagai sila yang harus tetap dipegang teguh oleh seluruh rakyat Indonesia meskipun Indonesia terdiri dari begitu banyak suku, ras, dan agama yang tersebar di seluruh Nusantara.

6.  Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dapat diartikan jika seluruh pemimpin/pejabat negara harus memimpin rakyat Indonesia dengan penuh kebijaksanaan serta selalu melakukan musyawarah dengan pihak lain, baik pejabat lain atau rakyat dalam menentukan sikap/kebijakan.

7.  Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dapat diartikan sebagai keadilan dalam segala aspek dalam kehidupan sosial seperti pendidikan, kesehatan, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya untuk seluruh rakyat Indonesia tanpa membeda-bedakan golongan/kelompok tertentu.
1 5 1