Jawabanmu

2014-08-20T21:00:16+07:00
Pancasila dikenal sejak jaman majapahit pada abad ke 14 terdapat dalam buku sutasoma karangan empu tantular dan buku negarakertagama karangan empu prapanca
Jawaban paling cerdas!
2014-08-20T21:17:08+07:00
Secara etimologis pancasila itu berasal dari bahasa sansekerta dr india. 
panca artinya lima
syila artinya alas atau dasar. jadi pancasila itu adalah peraturan tingkah laku yg baik, penting dan senonoh.
kata kata itu dalam bhs indonesia terutama bahasa jawa diartikan susila yg memiliki hubungan dgn moralitas. oleh karena itu panca syila dgn vokal i pendek memiliki makna leksikal, secara harfiah yaitu yg memiliki 5 unsur dasar. dasar itu maksudnya penting, logikanya kalau dasarnya ga bagus selanjutnya bakal ga bagus jadi dasar itu penting, harus baik dan senonoh.