Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-20T20:30:06+07:00
Ribosom adalah struktur dalam sel biologis, dijuluki “pabrik” untuk peran tunggal mereka dalam merakit protein yang membentuk dan mendefinisikan fungsi sel. Protein adalah senyawa kimia kompleks yang telah disebut “bahan bangunan kehidupan.” Rumus instruksional yang dikodekan dalam DNA genetik (asam deoksiribonukleat) dalam inti pusat sel. Sintesis protein adalah bidang biologi molekuler yang mempelajari proses dimana kode DNA ditranslasi menjadi protein fungsional. Peran ribosom dalam sintesis protein sangat penting.Pertama, dalam proses yang disebut transkripsi, DNA membuat salinan fungsional dari dirinya sendiri disebut RNA (asam ribonukleat). Ini secara khusus bernama messenger RNA (mRNA) untuk fungsinya untuk memberikan instruksi kode ke ribosom. Sepanjang jalan, RNA membuat salinan terfragmentasi sendiri bernama RNA transfer (tRNA). Salinan ini yang dirilis untuk mengikat dengan senyawa organik bebas dalam sel yang disebut asam amino.Sementara itu, mRNA mengikat ribosom, yang mulai “membaca” informasi dalam proses yang disebut translasi. Informasi tersebut merupakan urutan dari banyak asam amino yang berbeda. Seperti itu sedang dibaca, kode pencocokan tRNA tertarik untuk ribosom dan mentransfer muatan terpasang. Satu demi satu, rantai asam amino sehingga tercipta sampai protein selesai dan sinyal mRNA dirilis dari ribosom.Peran ribosom dalam sintesis protein ini mirip dengan jalur perakitan linier asam amino dalam protein jadi. DNA dan RNA sendiri adalah rantai linear dari empat molekul kimia yang disebut nukleotida – adenin, sitosin, timin pada DNA atau urasil di RNA, dan guanin – disingkat A, C, T atau U, dan G masing-masing. Rantai yang sangat panjang nukleotida ini di mRNA adalah serupa dengan rekaman ticker yang ribosom membaca dan menerjemahkan ke dalam asam amino merupakan kode yang spesifik.Ribosom yang mereka terbuat dari protein dan untai RNA. Mereka dapat dianggap sebagai memiliki dua subunit fungsional, masing-masing mengikat baik pembawa pesan atau RNA transfer. Ribosom dalam sintesis protein memulai proses perakitan ketika bertemu dengan serangkaian spesifik nukleotida mRNA, yaitu A-U-G Disebut kodon, urutan nukleotida UAG adalah instruksi untuk menghentikan produksi, dan ribosom dua subunit terpisah, melepaskan protein dalam proses.Pada langkah terakhir, ribosom dalam sintesis protein tidak terlibat sama sekali. Dalam proses yang tidak dipahami dengan baik, rantai lurus asam amino yang membentuk protein morphs menjadi bentuk fisik yang telah ditetapkan. Disebut protein folding, faktor yang paling dikutip dalam menentukan bagaimana rantai memampatkan dirinya menjadi bentuk tiga dimensi adalah: suhu, sekitar pelarut seperti air, kehadiran garam, dan daya tarik molekul dan interaksi dari semua ikatan hidrogen protein ini.
2 3 2
2014-08-20T20:31:04+07:00
Caranya ada 2 tahap yaitu :
 Tahap pertama adalahtranskripsi yaitu pencetakan ARNd oleh ADN yang berlangsung di dalam inti sel. ARNd inilah yang akan membawa kode genetik dari ADN. Tahap kedua adalah translasi yaitu penerjemahan kode genetik yang dibawa ARNd oleh ARNt.
ARNd dan ARNt itu apa?
disitu udah ada kalau arnd itu pembawa koden genetik adn