Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-20T19:49:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.Panji :Menggambarkan kesucian manusia yang baru lahir. Gerakannya halus dan lembut. Tidak seluruh tubuh digerakan.2. Samba atau Pamindo :Melambangkan kelincahan manusia dimasa kanak-kanak. Sikapnya lincah dan lucu tetapi juga luwes.3. Rumyang :Menggambarkan kehidupan seorang remaja pada masa akil baligh.4. Tumenggung atau Patih :Menggambarkan manusia yang sudah menginjak dewasa dan telah menemukan jati dirinya. Sikapnya tegas, berkepribadian, bertanggung jawab dan memiliki jiwa korsa yang Paripurna.5. Kelana atau Rahwana :Melambangkan sifat angkara murka yang terdapat dalam manusia. Kelima Topeng / kedok tersebut apabila dikaitkan dengan unsur Islam adalah sebagai berikut :Topeng PanjiAkronim dari kata MAPAN ning kang SIJI, artinya tetap kepada yang satu atau Esa. Tiada Tuhan selain Allah Swt.Topeng SambaBerasal dari kata SAMBANG atau SABAN yang artinya setiap.Maknanya bahwa setiap waktu kita diwajibkan mengerjakan segala Perintah- NYA. Sedangkan Pamindo artinya Diduakalikan (Dipindoni), maknanya bahwa disamping mengerjakan perintah – NYA, kita juga perlu melaksanakan hal –hal yang sunnahTopeng RumyangBerasal dari kata Arum / Harum dan Yang / Hyang (Tuhan).Maknanya bahwa kita senantiasa mengharumkan nama Tuhan yaitu dengan Do’a dan dzikirTopeng TemenggungMemberikan kebaikan kapada sesama manusia, saling menghormati dan senantiasa mengembangkan silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh
Topeng KelanaKelana artinya Kembara atau Mencari. Bahwa dalam hidup ini kita wajib berikhtiar
2 3 2
2014-08-20T19:50:34+07:00
Panji sama kayak tadi
topeng apa yang anda maksud?
yang dibilang tadi
jenis topeng dan karakternya serta gambarnya