Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati. apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung? berilah penjelasan secara singkat!
cobalah membuat pengelompoikan benda-benda itu, lalu diskusikan dasar pengelompokan yang kalian gunakan?

1

Jawabanmu

2016-11-29T09:25:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada teks MAKHLUK DI BUMI INI:

1. Pengelompokan benda mati = tidak dapat bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
contoh : kaca, air, plastik, baja dan oksigen.
⇒ Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

2. Pengelompokan benda hidup = 
- pertama, dikelompokkan antara BINATANG dan TUMBUH-TUMBUHAN.
dasar pengelompokkan adalah bergerak dari satu tempat ke tempat lain, mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, serta menghasilkan makanan sendiri atau tidak.
- kedua, TUMBUH-TUMBUHAN dikelompokkan menjadi: TUMBUH-TUMBUHAN BERBUNGA dan TUMBUH-TUMBUHAN TIDAK BERBUNGA.
Contoh tumbuh-tumbuhan berbunga : mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga.
contoh tumbuh-tumbuhan tidak berbunga: jamur, lumut, dan pakis.
⇒ Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.

- ketiga, pengelompokkan BINATANG menjadi VERTEBRATA (bertulang belakang) dan INVERTEBRATA (tidak bertulang belakang).
Contoh Vertebrata: manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
Contoh invertebrata: ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba.
⇒ pada poin keempat kalimat pertama dan kedua. 
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba.

- keempat, pengelompokkan VERTEBRATA (bertulang belakang) menjadi LIMA kelompok, y
aitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
⇒ pada poin keempat kalimat ketiga
Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
1 5 1